Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Jenis-Jenis Pot Untuk Tanaman Indoor Dan Outdoor

Instagram/terracottafever

Mengenal Jenis-Jenis Pot Untuk Tanaman Indoor Dan Outdoor

Saat hendak menanam bunga atau tanaman hias lain, tentunya akan lebih cantik bila tanaman tersebut ditanam pada pot. Hal ini karena bisa membuat nya lebih terlihat indah jika pemilihan potnya sesuai. Selain itu penggunaan pot pada tanaman memungkinkan kita bisa memindahkan tanaman tersebut kemanapun. Pot juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin menanam tanaman namun tidak memiliki lahan yang luas. Dengan penggunaan pot, tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan tanaman yang ditanam di pot bisa kamu gantung di teras rumah atau tembok halaman rumah sehingga tidak akan memakan tempat.

Sebelum menanam tanaman pada pot, alangkah baiknya mengenal jenis-jenis pot yang beredar dipasaran saat ini. Mulai dari bahan pembuatan dan karakter karakternya. Nah berikut ulasan nya “Mengenal Jenis-jenis Pot Untuk Tanaman”

Pot Porselen

Mengenal Jenis-Jenis Pot Untuk Tanaman Indoor Dan Outdoor

aliexpress.com

Jika kamu membutuhkan jenis pot yang akan digunakan didalam ruangan. Kamu bisa memilih jenis pot tanaman porselen. Jenis pot ini memiliki tampilan dan bentuk yang menarik. Kamu bisa melihat nya di toko-toko online. Ada begitu banyak jenis pot yang memiliki bentuk yang cantik. Selain itu jenis pot ini juga biasanya dihiasi dengan motof dan gambar yang menarik.

Namun perlu di ketahui bahwa jenis pot ini terbuat dari bahan kramik yang mudah pecah. Jadi Ketika menaruhnya di dalam ruangan. Pastikan untuk diletakan pada tempat yang aman agar tidak rentan tersenggol. Selain itu jenis pot ini juga memiliki harga yang lebih mahal dan membutuhkan perawatan yang lebih jika dibandingkan dengan pot yang lain.

Pot Plastik

Mengenal Jenis-Jenis Pot Untuk Tanaman Indoor Dan Outdoor

aliexpress.com

Pot plastic banyak sekali digunakan pada tanaman. Hal ini karena memiliki ketahanan yang tinggi dan tidak mudah rusak jika terjatuh. Selain itu harga pot ini relative lebih murah dibandingkan dengan jenis pot yang lain. Pot ini juga tersedia dalam berbagai warna dan ukuran sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam.

Namun ada kekurangannya nih guys, bahan plastic tidak dilengkapi dengan pori-pori. Sehingga suhu yang ada didalam pot cenderung tidak stabil. Nah ini juga yang akan menyebabkan tanaman cepat membusuk akibat surkulasi air yang tidak berjalan dengan baik. solusinya jika kamu ingin menggunakan pot plastic. Pastikan untuk diletakan di tempat yang teduh atau di dalam ruangan

Pot Berbahan Semen

Mengenal Jenis-Jenis Pot Untuk Tanaman Indoor Dan Outdoor

aliexpress.com

Jenis pot berikutnya adalah pot semen. Sama seperti Namanya. Jenis pot ini terbuat dari material semen. Pot ini cocok digunakan di luar ruangan. Memiliki permukaan yang kuat sehingga kamu bisa menanam jenis tanaman yang memiliki akar yang kuat. Pot ini juga mempu menyerap air dengan baik, sehingga kamu tidak perlu khuatir tanaman akan rusak akibat suhu tanah yang tidak terjaga.

Pot semen di pasaran dibandrol dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan pot proselen. Namun ada kekurangannya nih guys, karena terbuat dari semen, pot ini akan sulit untuk di pindah-pindah karena memiliki bobot yang lumayan berat.

Pot Tanah Liat

Mengenal Jenis-Jenis Pot Untuk Tanaman Indoor Dan Outdoor

Instagram/terracottafever

Jenis pot ini sangat banyak sekali kita temui di pasaran. Dan menjadi pilihan berbagai orang untuk menanam tanaman, hal ini karena pot tanah liat memiliki material yang bisa membuat air merembes keluar dengan sendirinya sehingga memiliki sirkulasi udara yang bagus. Selain itu kadar air diakar tanaman akan selalu terjaga dan terhindar dari pemusukan.

Pot ini juga cocok digunakan di suhu udara yang panas dan dingin. Sehingga kamu bisa meletakan pot ini di dalam ruangan maupun di luar ruangan.  Tapi ada kekurangannya nih guys, jenis pot tanah liat sama dengan pot porselen, yaitu sama-sama rapuh. Pastikan untuk menempatkan di area yang lebih aman agar tidak mudah tersenggol dan jatuh. Jenis pot ini juga akan mudah rusak jika tanaman memiliki akar yang berasr dan kuat, tekanan nya bisa membuat pot menjadi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = fifteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek