Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

15

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

Elemen pada rumah hunian yang menjadi sebuah pemisah antara atap dan ruangan ini menjadi salah satu komponen yang penting pada rumah hunian, selain itu fungsinya untuk melindungi ruangan dari berbagai macam kotoran yang jatuh dari atap atau bisa meredam suara . selain itu penggunaan plafon pada rumah juga bisa membuat rumah menjadi lebih cantik dan mewah.

Penggunaan plafon pada rumah bisa di desain sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil desain yang maksimal dan bisa membuat rumah tampak lebih. Dengan begitu akan mendukung keindahan yang di hasilkan pada interior rumah. nah pada artikel ini kita akan sedikit mengulas mengenai beberapa jenis material plafon. Berikut adalah jenis-jenis material plafon yang sering di gunakan pada rumah hunian.

 

PLAFON GRC (glass fiber reinforced cement board)

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

tokopedia.com

GRC atau glass fiber reinforced cement board adalah sebuah merial yang sangat popular. Karena material ini memiliki banyak sekali kelebihan, mulai dari harga nya yang murah, bobot yang ringan dan yang terpenting material ini tahan terhadap air dan panas. Pada pemasangan nya plafon GRC ini di pasangkan pada kerangka besi atau bisa juga dengan kerangka kayu.  Material ini pun banyak sekali di jual di pasaran sehingga kamu akan mudah jika ingin menggunakan material ini untuk rumah hunian. Namun ada kekurangan dari material ini, yaitu kamu tidak bisa melakukan proses instalasi nya sendiri d rumah, pemasangan nya aga lumayan sulit sehingga kamu harus menyewa jasa tukang yang lebih profesional agar hasil pemasangan plafon lebih maksimal.

 

PLAFON GYPSUM

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

Plafon gypsum cocok untuk rumah yang memiliki desain minimalis. Selain itu material ini sangat mudah di temukan di pasaran dan harga jual nya pun cukup terjangkau. Oleh karena itu banyak juga rumah hunian yang menggunakan material ini. Plafon gypsum terdiri dari berbagai macam model, ada yang berbentuk kubah dan ada juga yang bertingkat. Tapi materal ini mempunyai kekurangan pada daya serap yang tinggi terhadap air, jadi jika terjadi kebocoran pada atap maka gypsum akan menyerap air sehingga beban akan bertambah dan plafon akan mudah roboh.

 

PLAFON VPC

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

Jenis plafon selanjut nya adalah plafon dengan bahan PVC. Pada umumnya yang kita ketahui bahwa plafon PVC sering di gunakan untuk bahan utama pada pembuatan saluran air atau pipa. Tapi pada saat ini PVC juga suadah di gunakan untuk bahan material pembuatan plafon.  Material ini juga mempunyai kelebihan yaitu tahan terhadap air dan api. Selain itu material ini juga anti rayap sehingga ini akan menjadikan plafon kamu lebih tahan lama. Dengan tapilan lebih stylus sehingga akan membuat tampilan interior lebih menarik.  Namun kekurangan  pada material ini adalah pada harga nya yang masih tergolong mahal dan pengecatan pada plafon ini pun tidak bisa di lakukan secara menual.

 

PLAFON TRIPLEK

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

pada rumah sederhana biasanya menggunakan teriplek sebagai material plafon. Material ini di jual dalam bentuk lembaran persegi. Karena harga nya lebih murah dan bobot nya yang ringan,  tak sedikit rumah yang menggunakannya. Instalasi pemasangan nya pun cukup mudah dan cepat. Setelah memasang nya kamu bisa langsung mengecat tanpa harus menghaluskan permukaan nya terlebih dahulu. Namun sayang nya material ini mempunyai kekurangan yaitu mudah merambat api jika terjadi kebakaran dan tidak cocok jika di pasang pada tempat yang lembab.

 

PLAFON ETERNIT

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

Jenis plafon berikutnya adalah plafon eternit,sama seperti teriplek eternit juga di jual dengan harga yang terjangkau. Bahan pembuatannya adalah semen dan bahan kain perca. Jenis material eternit mempunyai keunggulan yaitu tidak mudah lapuk meskipun di pasang pada ruangan yang mudah lembab seperti  kamar mandi dan luar ruangan, selain tahan terhadap air, eternit juga tahan terdapat api sehingga lebih aman untuk meminimalisir terjadinya kebakaran besar.  Namun ada hal yang harus di perhatikan pada saat melakukan pemasangan nya, kamu harus memasang dengan hati-hati. Karena material ini mudah sekali rapuh.

 

PLAFON METAL

Mengenal Jenis-jenis Material Plafon Rumah Yang Sering Digunakan

Yang Terakhir adalah jenis plafon metah. Nah pada plafon ini biasanya di buat dengan bentuk motif yang di sesuaikan dengan konsep keinginan si pemilik rumah. selain itu plafon metal ini mempunyai banyak sekali keleihan, seperti tahan terhadap api, tahan air, anti rayap dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Kekurangan pada plafon ini terletak pada harga nya yang sangat mahal dan pemasangan nya yang rumit sehingga masih belum banyak orang menggunakan plafon ini .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 10

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek