Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Jenis Besi Beton Kelebihan dan kekurangannya

Mengenal Jenis Besi Beton Kelebihan dan kekurangannya

Mengenal Jenis Besi Beton Kelebihan dan kekurangannya

Membuat bangunan harus memikih jenis dan bahan yang berkualitas. Contoh nya Ketika kamu akan membangun bagian Struktur beton, struktur beton tak terlepas dari besi, dari sini kamu harus mengenal beberapa jenis besi beton yang biasa di gunakan pada bangunan. Saat ini ada dua jenis besi beton yang biasa di gunakan pada bangunan rumah, dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya .

Besi beton merupakan rangka besi yang digunakan untuk memperkuat struktur beton pada bangunan. Besi beton yang disebut juga concrete steel atau rebar dalam bahasa Inggris ini menambah daya lentur pada beton, sehingga tahan terhadap beban statis maupun beban dinamis. Tanpa adanya besi beton, maka beton bangunan akan lebih mudah retak saat akibat guncangan-guncangan kecil saat kendaraan melintasinya atau lebih mudah patah saat terjadi gempa bumi.

Jenis-jenis besi Beton

  1. Besi Beton Polos (plain rebar)

Mengenal Jenis Besi Beton Kelebihan dan kekurangannya

Besi beton ini memilliki permukaan yang mulus dan licin. Penampangnyapun berbentuk bundar mulus. Besi beton kurang memiliki daya ikat dengan coran beton. Besi beton polos lebih mudah ditemukan dan dijual secara eceran. Besi beton polos bersifat lentur dan mudah dibengkokkan serta memiliki ketahanan tekan minimal 240 Mpa. Harganya lebih murah dibandingkan besi beton ulir. Besi beton polos biasanya digunakan untuk membungkus dan mengikat beberapa batang besi beton ulir dalam satu konstruksi beton.

 

Baca Juga : TIPS Mengatasi Dinding Tembok Lembab

 

  1. Besi Beton Ulir (deformed rebar)

Mengenal Jenis Besi Beton Kelebihan dan kekurangannya

Besi beton ulir memiliki tonjolan-tonjolan seperti sirip pada sepanjang permukaannya, sehingga memiliki daya ikat tinggi dengan coran beton. Bentuk sirip-sirip ini berbeda untuk setiap produsennya. Besi beton ini hanya dijual dalam volume besar oleh distributor kepada kontraktor. Besi beton ulir kurang lentur dan sulit dibengkokkan sehingga sulit pemasangannya. Daya tahan tekan minimal besi beton ulir adalah 400 Mpa.

 

Keunggulan menggunakan Besi Beton :

  1. Membantu memberikan pondasi terhadap suatu bangunan agar semakin kuat dan tegak sesuai konstruksi.
  1. Dapat bertahan dalam temperatur tinggi, sehingga cocok untuk bangunan bertingkat (high rised building).
  1. Setelah menjadi bangunan, biaya perawatannya cukup rendah, sehingga efisiensi yang didapat cukup tinggi.
  1. Memiliki kekuatan struktur yang tinggi, sehingga setelah selesai dibangun, sangat sulit untuk dihancurkan kembali.

 

Baca Juga : Cara Pemasangan Tembok Dengan Batu Bata Merah

 

Biasanya besi beton memiliki panjang stkamur 12 meter. Diameter besi beton yang umum digunakan adalah 8 mm dan 10 mm. Namun yang terjadi di lapangan, besi beton yang ada memiliki penampang yang sedikit lebih kecil dari yang tertera pada tulisan marking pada permukaan besi beton. Jika masih dalam batas toleransi 0,1 mm, maka besi beton tersebut masih masuk ke dalam stkamur SNI.

Jumlah penggunaan dan ukuran diameter besi beton adalah berbanding lurus dengan dimensi coran beton. Hal ini distkamurisasi dalam SNI 2052:2014  tentang Baja Tulangan Beton yang dipakai pada konstruksi beton. Semakin besar dimensi konstruksi beton, makin besar pula diameter dan jumlah besi beton yang dipergunakan.

Sayangnya hal ini tidak ditaati oleh para kontraktor. Besi beton yang tidak sesuai stkamur kerap kali digunakan dalam rangka menghemat, menekan biaya demi keuntungan yang lebih besar. Ukuran besi beton yang tidak sesuai stkamur ini dikenal dengan sebutan besi banci. Besi banci memiliki ukuran yang lebih kecil dari stkamur mutu SNI yang ditetapkan.

Mungkin pada awal bangunan tersebut selesai dibangun, tidak kelihatan terjadi apa-apa. Tetapi setelah berjalan beberapa lama atau mendapatkan beban yang besar, barulah kelihatan retakan dan kerusakan pada struktur konstruksi beton. Hal ini dapat membahayakan penghuni atau pengguna bangunan tersebut, karena runtuhnya bangunan (bencana konstruksi) dapat terjadi setiap saat.

 

Baca Juga : Jenis-Jenis Pasir Yang Biasa di Gunakan Untuk Bangunan

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Sumber Referensi : www.klopmart.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek