Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Furniture Yang Terbuat Dari Kayu Jati

Mengenal Furniture Yang Terbuat Dari Kayu Jati

Mengenal Furniture Yang Terbuat Dari Kayu Jati

Siapa yang tidak mengenal kayu yang terkenal mahal dan kuat ini. Tak bisa di pungkiri kayu jati merupakan bahan furniture yang banyak di sukai oleh banyak orang. Selain mempunyai kualitas yang sangat baik. Kayu jati memiliki ketahanan yang sangat awet sehingga bisa di jadikan sebagai furniture yang bisa di pakai dalam jangka Panjang.

Namun dengan harga nya yang mahal tak jarang juga orang lebih memilih furniture dengan bahan lain yang lebih murah dan mudah di dapatkan. Namun jika kamu mempunyai butget lebih maka pilih lah furniture yang berbahan kayu jati. Ada begitu banyak keunggulan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memilih kayu jati untuk furniture rumah hunian kamu, sebelumnya kamu harus tahu juga mengenai furniture yang terbuat daru kayu jadi lebih mendalam .

Dalam artitek kali ini kami sudah merangkum nya dari berbagai sumber yang bisa menjadi referensi untuk kamu agar kamu memgetahui apa itu kayu jadi dan apa saja kelebihan kekuangan yang di miliki kayu jati, yuk tanpa menunggu lama-lama langsung sja,

 

Kayu jati dikenal punya daya tahan yang kuat

Kayu jati memang dikenal sebagai bahan yang paling kuat dan tangguh. Kayu jati juga awet walaupun dipakai dalam waktu yang lama dan tidak mudah berubah bentuk atau rusak. Tingkat densitas yang tinggi juga menjadikan kayu jati tidak mudah membusuk seperti kayu lainnya. Tak hanya itu, kayu ini juga bisa tahan terhadap air, kelembapan, dan kondisi cuaca yang ekstrem. Perubahan cuaca yang kerap menjadi momok bagi furniture dengan bahan kayu lain, sama sekali tidak berpengaruh pada kualitas perabotan dari bahan jati.

Beberapa alasan inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi dengan membeli perabotan dari bahan kayu jati ini. Dibandingkan dengan membeli furniture murah yang mudah rusak, lebih baik memilih kayu jati yang bisa tahan hingga lebih dari 100 tahun.

Tahan rayap dan mudah perawatannya

Rayap atau serangga lain tidak akan menjadi tandingan dari kayu jati. Hal ini dikarenakan kayu jati mengandung minyak yang kuat sehingga tahan terhadap serangan serangga, jamur ataupun rayap sekalipun.

 

Furnitur dari bahan kayu jati juga mudah untuk dibersihkan tanpa harus banyak perawatan yang akan menghabiskan biaya. Kamu cukup membersihkan perabot dari kayu jati menggunakan kain setengah basah dan dilap kering dengan kain bersih. Mudah sekali ‘kan?

 

Kualitas terbaik dari kayu jati asli asal Jepara

Jika ingin membeli furniture dari kayu jati, pilihlah perabotan kayu jati buatan Jepara. Kebanyakan kayu jati buatan dari Jepara ini memiliki nilai yang jauh lebih tinggi karena stkamur kualitasnya sudah masuk ke skala internasional. Sebagai pusat industri dari kayu jati, Jepara merupakan kota yang memiliki penduduk mayoritas yang bekerja sebagai pengukir kayu yang keahliannya diwariskan dari leluhur mereka seacara turun temurun. Untuk itu, pilihlah kebutuhan mebel kayu jati dengan membelinya langsung di Jepara.

 

Selain membeli perabotan dari Jepara, Kamu juga harus memastikan mebel berbahan kayu jati yang dipilih sudah berusia 20 hingga 30 tahun. Semakin tua usia bahan baku kayu jati yang digunakan pada mebel, maka akan semakin kokoh juga konstruksi yang dimilikinya. Untuk mengenali kayu jati yang sudah tua bisa dilihat dari susunan seratnya yang lebih rapat, bobotnya yang sangat berat dan berwarna cokelat kemerahan.

Finishing-nya mulus dengan guratan yang khas

Karakter serat dan warna khas dari kayu jati juga memiliki ciri dan daya tariknya tersendiri. Dari warnanya yang cokelat keemasan hingga guratan motif yang khas, penampilan kayu jati sungguh atraktif dari luar hingga dalam. Tak heran, perabotan dari bahan kayu jati pun sering dijual dengan harga yang lebih mahal.

Furniture yang berkualitas juga bisa dilihat dari pewarnaan yang merata di seluruh bagian dan semua pori-pori kayu yang tertutup finishing. Selain itu, lapisan finishing tersebut cukup tebal dan tidak terlalu tipis. Jika diraba dengan tangan, permukaannya terasa halus dan tidak bergelombang.

Bisa menjadi investasi jangka panjang

Walaupun harganya mahal, tapi penggunaannya bisa hingga 50-70 tahun minimal. Jika dibagi per tahun, investasi perabotan dari bahan kayu jati jauh lebih menguntungkan dibandingkan kayu jenis lain yang rata-rata bertahan hingga 20 sampai 30 tahun.

Investasi dari kayu jati sendiri sudah bukan rahasia umum di dunia perkayuan. Di pasar saham sendiri, investasinya terus meningkat dari tahun ke tahun. Bisa saja ‘kan furniture berbahan kayu jati yang Kamu miliki ditawar dengan harga yang lebih tinggi pada beberapa tahun ke depan?

Jadi, memiliki furniture dari kayu jati tak hanya persoalan memiliki furniture yang indah untuk hunian, tetapi Kamu juga akan mendapatkan keuntungan finansial dan prestige yang berbeda dari pemilik kayu jati. Tertarik untuk mengoleksi furniture kayu jati?

Mengenal Furniture Yang Terbuat Dari Kayu Jati

Kelebihan Kayu Jati

Sangat kuat
Kayu jati adalah kayu keras yang sangat kuat. Kayu ini tidak kalah jika dibandingkan dengan sebagian besar jenis pohon kayu keras lainnya.

Sangat tahan lama
Dengan perawatan yang tepat, perabotan kayu jati bisa bertahan bertahun-tahun lamanya (dalam banyak kasus lebih dari 100 tahun). Inilah alasan mengapa kita masih menemukan barang antik jati. Jika Kamu ingin membeli furnitur yang bisa bertahan pada kehidupan anak-anak kamu selanjutnya dan kemudian cucu kamu, maka pilihan terbaik adalah perabotan kayu jati. Bandingkan dengan furnitur papan partikel yang berlangsung hanya 2 sampai 3 tahun. Ini karena papan partikel tidak sekuat dan sering rusak saat relokasi atau karena air. Daya tahan bisa dinilai sebagai salah satu keunggulan paling signifikan yang ditawarkan oleh kayu jati.

Resistensi alam terhadap rayap dan serangga
Kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang tahan rayap (semut putih), noda jamur, dan juga mengusir serangga lain yang bisa menghancurkan kayu. Alasan mengapa kayu jati lebih unggul dibandingkan dengan banyak jenis kayu lainnya.

Dapat meredam suhu panas
Perabotan kayu jati dapat meredam suhu panas. Inilah salah satu alasan mengapa kebanyakan orang menyukai sentuhan dan nuansa perabotan kayu alami dibandingkan dengan perabotan plastik atau logam.

Tidak mudah lapuk
Kayu jati memiliki kerapatan yang sangat tinggi, dan tidak mudah lapuk. Inilah alasan mengapa sangat tahan lama. Kayu jati juga memiliki ketahanan alami terhadap beberapa zat basa dan asam.

Stabilitas dimensi tinggi
Furnitur kayu jati yang diolah dengan tepat tidak akan mudah melengkung atau terlalu banyak mengerut. Dengan olahan tersebut dapat mempertahankan dimensinya yang merupakan bahan yang stabil. Salah satu proses pengolahan-nya adalah pengeringan kayu yang dari pohon, sehingga mengurangi kadar airnya. Kayu yang dikeringkan tidak mudah terpengaruh oleh perubahan iklim.

Tahan Kelembaban
Keuntungan penting lain dari kayu jati adalah memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban dan air. Selain keindahannya, inilah alasan mengapa bahan kayu jati disukai dan banyak digunakan dalam pembuatan kapal pada lantai kayu dan geladak. Karena tahan kelembabannya, kayu jati sangat cocok untuk membuat furnitur dalam ruangan serta furnitur taman berkualitas tinggi.

Bisa diukir dengan tangan
Dari sudut pkamung tukang kayu, jati adalah bahan yang fantastis untuk digunakan, karena tidak seperti produk kayu lainya seperti papan partikel, MDF atau kayu lapis, yang mudah diukir dengan tangan untuk meningkatkan kecantikannya. Sebagian besar mebel kayu jati antik kerap memiliki pola atau bentuk desain yang menarik yang diukir di permukaan kayu. Kayu jati juga bisa dengan mudah digergaji dan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan.

Berat
Kayu jati adalah kayu yang sangat padat dan memiliki rasio volume berat yang tinggi. Ini bisa dianggap sebagai nilai yang menguntungkan, karena kayu yang lebih padat dan lebih berat semakin kuat jadinya.

Kekurangan kayu jati:

Sangat Mahal
Inilah satu-satunya kelemahan utama kayu jati yang harganya sangat mahal. Alasannya adalah menurunnya sumber daya alam selama ini. Permintaannya setinggi sebelumnya, namun pasokan telah berkurang. Selain kayu jati tua yang tumbuh di hutan, perkebunan jati (pertanian) juga berkembang selama beberapa tahun terakhir untuk memenuhi permintaan yang tinggi.Harga kayu jati dihitung berdasarkan harga per kubik, dan jauh lebih tinggi dibanding pembelian kayu lapis.

Sulit mencari kayu berkualitas tinggi
Kualitas tinggi dari kayu jati asli sulit dikenali oleh pelanggan karena memerlukan pengetahuan dan pengalaman tentang kayu.

Alat pertukangan menjadi tumpul
Jati adalah bahan yang keras. Dari sudut pkamung tukang kayu, hal itu menimbulkan masalah kecil karena alat pertukangan menjadi tumpul dan perlu dipertajam saat mengerjakan kayu.

Perlu perawatan
Dibandingkan dengan laminasi dekoratif kayu lapis, furnitur kayu jati solid membutuhkan perawatan lebih. Perlu dipoles setiap beberapa tahun untuk menjaga kecantikannya.

 

 

3 Jenis Kayu Jati

1. Kayu Jati Perhutani

Kayu Jati Perhutani (TPK) Bisa dikatakan bahwa ini adalah jenis kayu jati yang paling spesial dan istimewa. Karena jenis kayu jati yang satu ini dirawat langsung oleh Dinas Perhutani. Masa pertumbuhan kayu jati perhutani sangat lama dari 20 tahun hingga ratusan tahun, setiap penebangan kayu jati perhutani ini harus melalui seleksi dahulu untuk memastikan kayu sudah standart sesuai perum perhutani atau belum.

Kelebihan Kayu Jati Perhutani

-Memiliki serat kayu yang sangat padat

-Kayu perhutani sangatlah awer dan kuat diantara kayu jati lainnya.

-Memiliki tekstur dan warna yang bagus dan lebih hidup

-Batang kayu yang lurus dan berdiameter besar

-Mengandung banyak minyak alami

-Memiliki kualitas yang terkontrol dan terjaga

Kekurangan Kayu Perhutani

-Tentu dengan kualitas yang sangat baik dibandingkan kayu lainnya membuat kayu perhutani memiliki harga yang mahal.

2. Kayu Jati Emas

Kayu jati emas merupakan kayu jati yang paling banyak dibudidayakan dan dikembangkan oleh masyarakat, karena pohon kayu jati dari jenis jati emas memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dari kayu jati jenis lainnya. Hanya dalam kurun waktu 7 hingga 15 tahun, pohon ini sudah tumbuh besar dan siap untuk ditebang. Dengan usia segitu kayu jati emas sudah siap untuk digunakan, dan dijadikan furniture seperti meja, buffet, kursi, almari, bed frame dan lainnya. hanya saja kayu jati emas ini memiliki pori pori yang sedikit lebih besar.

Kelebihan Kayu Jati Emas

-Kayu ini memiliki batang dan ranting yang lurus

-Harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu Jati Perhutani

 

Kekurangan Kayu Jati Emas

-banyak gubal (bagian kayu yang bercekung-cekung) biasanya sering terdapat pada bagian pangkal pohon jati, sehingga saat pemotongan biasanya kayu jati emas tidak dipotong sampai bagian pangkal paling bawah, namun hanya sebatas bagian yang masih bisa dimanfaatkan

-Daya keawetan Kayu jati emas berada di tingkat sedang dibangdingkan dengan kayu jati lainnya.

kadar air cukup tinggi

3. Kayu Jati Rakyat

Kayu jati rakyat kebanyakan memiliki batang yang bengkok, dari segi pertumbuhanya kayu jati rakyat memiliki masa pertumbuhan lebih lama dari pada jenis kayu jati emas, pertumbuhan kayu jati rakyat siap di tebang dan di gunakan untuk produksi meuble mulai dari 15-25 tahun, Tetapi dengan lamanya masa tumbuh tersebut, menjadikan pori-pori pada kayu jati jenis ini lebih padat dibanding kayu jati emas. Dan gubal pada kayu jati rakyat biasanya lebih sedikit.

Kelebihan Kayu Jati Rakyat

-Harganya lebih murah dibandingkan jenis kayu jati lainnya

Kekurangan Kayu Jati Rakyat

-Memiliki gubal dan kadar air yang tinggi

-Memiliki warna pucat

 

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

 

Sumber Referensi : -jeparajayamebel.com

-bramblefurniture.com

-kewesdesign.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ seven = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek