Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal Furniture Berbahan Bambu Dan Tips Merawatnya

Mengenal Furniture Berbahan Bambu Dan Tips Merawatnya

Mengenal Furniture Berbahan Bambu Dan Tips Merawatnya

Perabotan bambu bukanlah barang baru di negeri ini. Sejak dulu bambu sudah dijadikan kursi atau lincak di pulau jawa, mulai dari bentuk paling sederhanya hingga yang lebih inovatif dan di desain dengan unik. Selain di pulau jawa, pemanfaatan bahan bambu sebagai furniture juga dapat ditemui di Sulawesi Selatan dan Utara, juga di Sumatera.

Saat ini ada banyak jenis perabotan yang dibuat dari bahan bambu, mulai dari bambu yang bentuknya masih untuk bulat, hingga bambu yang sudah dijadikan papan atau dibentuk dengan teknologi pres supaya bisa melengkung dan berpola sesuai dengan kebutuhan. Diantara produk perabotan bambu dapat berupa: set kursi dan meja tamu, sofa besar, kursi dan meja teras, rak tv, rak buku, lemari pakaian, bed frame, kursi santai/ kursi malas dan masih banyak lagi. Semua jenis produk furniture yang dapat dibuat dengan kayu, juga dapat dibuat dengan bahan bambu.

Dalam artikel ini kamu tim asritek77 sudah merangkum nya dari berbagai sumber, kekurangan dan kelebihan furniture bambu hingga cara perawatannya.

 

Kelebihan Furniture Berbahan Bambu

Furniture yang terbuat dari bahan bambu tergolong unggul karena memiliki beberapa kelebihan berikut ini:

-Harganya lebih ekonomis daripada kayu.

-Tergolong bahan yang ramah lingkungan karena masa tumbuhnya hanya sekitar 3 hingga 5 tahun. Sangat berbeda dengan kayu yang butuh waktu hingga 40 tahun sebelum siap digunakan.

-Pohon bambu lebih mudah dibudidayakan daripada pohon penghasil kayu. Tidak butuh banyak biaya dan perawatan khusus untuk mendapatkan bambu berkualitas.

-Bambu sangat mudah dipotong dan dibentuk karena karakteristiknya elastis. Tidak mengherankan bila bambu memiliki beban tarik, geser, tekan, dan tekuk yang tinggi.

-Penampilan bambu sangat artistik dan efektif mempercantik interior rumah.

-Bobotnya ringan sehingga mudah dipindahkan.

Mengenal Furniture Berbahan Bambu Dan Tips Merawatnya

Kekurangan Furniture Berbahan Bambu

Meskipun memiliki banyak kelebihan, furniture bambu rupanya juga tak luput dari beberapa kekurangan ini:

-Sulit disambungkan dengan material lain. Biasanya bambu hanya bisa disambungkan dengan pasak atau ikatan ijuk. Sehingga kekuatan sambungannya relatif rendah.

-Tidak tahan api dan tidak tahan air sehingga mudah terbakar dan lapuk.

-Tingkat ketahanannya terhadap hama relatif rendah. Karakteristik ini membuat bambu rentan diserang jamur, kumbang kayu, atau lumut yang menyebabkan kerusakan masif.

-Harga furniture bambu memang relatif murah tetapi tetap dibutuhkan biaya besar untuk merawat dan mempertahankan kualitasnya.

 

Jenis-Jenis Bambu untuk Furniture

Bambu betung  : Teksturnya sangat kokoh sehingga tak hanya cocok untuk furniture, melainkan juga sering digunakan untuk konstruksi bangunan.

Bambu tutul       : Salah satu ciri khasnya adalah warna tutul kecokelatan yang menjadi motif menarik. Kekuatan bambu tutul juga tak kalah dibandingkan jenis bambu lainnya.

Bambu apus       : Dibandingkan jenis bambu lainnya, bambu apus memiliki karakteristik serat yang lurus dan panjang. Itulah sebabnya bambu apus mudah ditekuk ketika diolah jadi furniture.

Bambu ater        : Keunikan bambu ater adalah warna hijau kehitaman yang eksklusif. Penggunaan bambu ater akan menghasilkan furniture yang tampilannya elegan. Spesies lainnya yang serupa dengan bambu ater dan sering digunakan sebagai bahan furniture adalah bambu gombong.

 

Cara Merawat Furniture Bambu

Furniture bambu kesayangan Kamu akan awet dan selalu tampak menarik bila Kamu merawatnya dengan beberapa cara berikut ini:

Mengelap furniture bambu dengan kain lap kering minimal satu kali seminggu. Cara sederhana ini efektif untuk menyingkirkan debu dan kotoran yang melekat pada permukaan furniture.

Furniture bambu harus selalu dalam keadaan kering. Kalau Kamu terpaksa membersihkannya dengan kain lap lembap, jangan lupa pula menggunakan lap kering agar tidak ada titik-titik air yang tertinggal di permukaannya.

Mengoleskan sedikit minyak rami pada permukaan bambu untuk menjaga kilau alaminya. Namun, minyak rami tersebut harus segera dilap agar tidak meresap ke bagian dalam bambu.

Jangan meletakkan furniture bambu di tempat yang terlalu lembap atau terlalu panas karena bambu memang sensitif terhadap perubahan cuaca. Furniture bambu lebih cocok digunakan untuk melengkapi interior rumah.

 

Perkembanga Furniture Bambu dari Masa ke Masa

Bambu dulu adalah perabotan masyarakat menengah kebawah yang sangat dengan keseharian masyarakat. Meski tidak seawet kayu, nenek moyang lebih memanfaatkan bambu dan tak sedikit menanamnya sendiri di pekarangan. Jika bambu perabotan bambu sudah rusak tinggal membuatnya kembali. Lebih murah dan berhemat tentunya. Kala itu usia furniture bambu tanpa pengawet bisa tahan sleama 2 sampai 3 tahun.

Kemudian ketika tren rumah modern baru bermunculan bambu sempat hilang dan tak banyak dilirik. Masyarakat dan desainer lebih suka furniture berbahan kayu, besi baja dan sejenisnya. Namun belakangan ini mulai ada pergeseran kembali dan bambu mulai beregenerasi menjadi furniture berkelas, bernilai jual tinggi dan berpotensi besar di masa mendatang.

Alasannya karena polemik global warming yang mau tak mau harus mengurangi material kayu yang diambil dari penebangan pohon, atau material lain seperti batu dan besi. Selain itu, bambu mudah dan cepat penanamannya sehingga sangat sustainable. Hanya perlu menunggu 3 sampai 5 tahun untuk mengolahnya menjadi furniture bambu. Satu hal lagi yang tak kalah penting ialah mengetahui macam-macam jenis bambu agar dapat memfungsikannya sesuai kebutuhan.

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

 

Sumber Referensi : sahabatbambu.com

                                     bramblefurniture.com

                                      urbankompas.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek