Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Kayu JATI

Kayu jati merupakan Janis kayu yang sangat kuat dan awet. Kayu jenis ini sangat berkualitas dan bisa di kamulkan sebagai furniture yang bisa melengkapi keindahan rumah kamu. Di dunia, jati di sebut dengan nama TEAK ( dari Bahasa inggris ) . Teak di ambil dari kata Thekku dari basaha Malayalam.   Atau dengan nama latin nya di sebut Techona Grandis.

Jenis kayu jati sangat tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Selain itu jenis kayu ini juga bisa di bisa tahan di segala kondisi cuaca dan perubahan suhu. Kayu jati termasuk jenis kayu yang sangat mahal karena berbagai kelebihan yang di milikinnya. Kayu jati yang sempurna yaitu kayu jati yang sudah berumur lebih dari 80 tahun. Kayu jati yang bermutu tinggi ini di peroleh dari pohon yang pertumbuhannya alami yang di kembangkan melaluo perkecambahan biiji, kayu jati jenis ini memiliki tekstur dan serat yang sangat halus dan padat. Dan memiliki pori-pori yang kecil. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya tak aneh kalo harga nya sangat pantastis.

Jenis-jenis kayu jati

-          Kayu jati rakyat

-          Kayu jati emas

-          Kayu jati perhutani

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian 

Karakter Kayu Jati

  1. Karakter kayu jati memiliki lapisan minyak pada galih kayunya yang tahan air, yang membuat kayu jati tampak selalu bersinar dan tahan dalam rentang waktu yang lama
  2. Berwarna coklat kemerahan, bila terkena sinar matahari berubah menjadi coklat muda
  3. Anti bakteri, tidak mudah lapuk
  4. Perawatannya mudah
  5. Serat kayu jati tebal, sehingga memudahkan pengerjaan furniture
  6. Tahan terhadap benturan

Kelebihan Kayu Jati

-          Sangat kuat

-          Sangat tahan lama

-          Resistensi alam terhadap rayap dan serangga

-          Dapat meredam suhu panas

-          Tidak mudah lapuk

-          Stabilitas dimensi tinggi

-          Tahan Kelembaban

-          Bisa diukir dengan tangan

-          Berat

 

Kekurangan

-          Sangat Mahal

-          Sulit mencari kayu berkualitas tinggi

-          Alat pertukangan menjadi tumpul

-          Perlu perawatan

 

Kayu Mahoni

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Yang kedua merupakan jenis kayu Mahoni, jenis kayu ini sudah sangat umum di Indonesia. Karena jenis kayu ini bisa nya di temukan di habitat daerah tropis.  jenis kayu mahoni tidak sekuat kayu jati. Namun dari harga nya yang lebih murah, jenis kayu ini menjadi alternatif dari kayu jati. Dengan bahan yang sangat mudah di bentuk untuk digunakan sebagai furniture, tak jarang orang lebih memilih jenis kayu ini sebagai pelengkap furniture rumahan.

Jenis kayu mahoni sangat banyak kita temui di Indonesia. Terutama khusunya di pulau jawa.  Jenis kayu ini menjadi pilihan sebagai furniture karena masa tanam nya yang singkat dan harga nya yang murah.  Jenis kayu ini memiliki tekstur yang lebih lunak sehingga mudah untuk di bentuk.

Kelebihan dan kekuarangan Kayu Mahoni

 

Kelebihan

  • Karakter serat kayu yang halus, lurus, dan beragam. Sehingga tampilan natural mahoni sudah terasa mewah untuk bahan dasar furniture.
  • Daya tahan penampang kayu sangat stabil. Mahoni tidak mudah mengalami penyusutan atau pemuaian selama puluhan tahun. Itulah sebabnya mahoni juga kerap digunakan untuk bahan pembuatan gitar.
  • Kandungan minyak alaminya sangat rendah. Minyak alami pada bahan kayu dapat meninggalkan noda kekuningan pasca proses finishing. Hal ini sering terjadi pada kayu jati. Namun, Kamu tak perlu khawatir karena kayu mahoni yang benar-benar kering tak akan menimbulkan noda kekuningan.
  • Harganya lebih ekonomis dibandingkan kayu jati. Dengan harga yang lebih terjangkau, Kamu bisa mendapatkan kualitas furniture atau produk lainnya yang setara dengan kualitas jati.

Kekurangan

  • Mahoni banyak diserang hama. Kamu akan kesulitan menemukan mahoni berusia matang yang kualitasnya sangat baik. Kayu ini sudah bisa dipanen sejak usia empat hingga tujuh tahun. Namun, alangkah lebih baik kalau Kamu mendapatkan mahoni yang berusia puluhan tahun.
  • Butuh proses yang sangat lama untuk mengeringkan mahoni. Karena mahoni yang benar-benar kering baru memiliki kualitas unggulan yang tak kalah dengan jati.
  • Banyak tahapan yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas mahoni. Karena bahan bakunya harus disimpan dengan benar, direndam dalam larutan anti serangga, di oven dalam waktu lama, dan finishing-nya pun butuh ketelitian tingkat tinggi.

 

 Baca Juga : Tips Desain Rumah Bergaya Minimalis Agar Lebih Maksimal

Kayu Nyatoh

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Kayu nyatoh merupakan jenis  kayu yang banyak di gunakan di rumahan Indonesia. Jenis kayu ini biasanya di gunakan untuk kusen, pintu dan  furniture. Kayu nyatoh mempunyai serat yang indah dan bagus. Kayu ini memerlukan proses Oven untuk hasil yang maksimal dan akan membuat kayu leih tahan terharap serangan jamur dan rayap.

Di Indonesia kayu ini banyak sekali di temui di daerah sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan jawa.  Kareana kayu ini mudah di temukan di mana-mana tak jarang banyak sekali orang memilih kayu jenis nyatoh untuk melangkapi furniture rumahan.

 

Karakter Kayu Nyatoh

-          Serat lurus

-          Licin

-          Tekstur halus seperti kayu jati

-          Warna merah kecoklatan

-          Awet, tahan terhadap serangan rayap

 

 Baca Juga : CARA Ampuh Menghilangkan Lumut Yang Membandel Pada Rumah

Kayu Pinus

Mengenal 4 Jenis Kayu Yang Sangat populer Untuk Rumah Hunian

Pohon pinus dianggap sebagai pohon kayu lunak, yang berarti kayu lebih lunak daripada varietas kayu keras disisi furniture. Pohon pinus tumbuh di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia saja Kamu akan menemukan pinu, namun di Amerika Serikat juga terdapat banyak pinus yang digunakan sebagai pengemasan barang impor.

Ada banyak jenis pinus yang memiliki banyak kekakuan dan ketahanan terhadap tekanan, yang membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk banyak macam furniture. Pinus cenderung lebih mudah diolah selama tahap pembuatan furniture karena sifatnya yang lebih lembut

 

Kelebihan

-  Harga: Perabotan pinus harganya jauh lebih murah daripada kayu oak pada jenis furniture yang sama.

-  Warna: Karena warnanya yang terang, kamu dapat mewarnai perabot pinus dengan mudah sehingga mudah dipadu padankan dengan perabotan lain di rumah Kamu.

-  Kekakuan: Kayu pinus adalah kayu yang sangat kaku. Ini membuatnya tahan lama dan kuat saat digunakan dalam furniture.

-  Lebih ringan: Furniture yang terbuat dari kayu pinus lebih ringan dari kayu jati.

-  Tahan guncangan: Pinus tahan terhadap guncangan, yang membantu meminimalkan dampak kerusakan.

-  Ciri khas: Pinus memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan mata kayu gelap dan warna kayu terang.

-  Ramah lingkungan: Karena pohon pinus tumbuh sangat cepat, pohon-pohon yang ditebang segera diganti dengan pertumbuhan baru

 

Kekurangan

-  Modelnya kurang fleksibel: Meskipun pinus dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk furniture, model yang dibuat sebagian besar lebih condong ke arah gaya country atau dengan teknik distressing. Jika Kamu lebih menyukai gaya modern, pinus bukanlah pilihan yang tepat.

 

-  Mudah memui: Pinus adalah jenis kayu yang kaku, tetapi kayu ini tidak terlalu kuat dan tahan untuk digunakan seperti jenis kayu oak. Pinus dapat memuai atau melekuk dan tergores dengan mudah. Jika Kamu ingin memiliki furniture yang kuat dan tahan terhadap goresan, kayu pinus bukanlah pilihan yang tepat.

 

-  Butuh perawatan ekstra: Karena lebih mudah tergores, rusak dan mendapatkan warna patina dari waktu ke waktu, furniture pinus membutuhkan perawatan lebih ekstra.

 

-  Banyak mata kayu: Saat memilih furniture pinus, perhatikan mata kayu, terutama jika sampai membentuk lubang ke furniture. Adanya mata kayu yang berlebihan dapat menyebabkan kelemahan pada furniture. Pilih produsen mebel yang terbaik untuk memastikan Kamu membeli furniture kayu pinus dengan berkualitas.

 

Karakter Kayu Pinus

-          Warna yang cerah

-          Serat halus

-          Mudah terserang jamur

-          Lunak

 

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek