Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengatur Penghawaan Dan Pencahayaan Alami

Mengatur Penghawaan Dan Pencahayaan Alami - Penghawaan adalah salah satu faktor utama dalam menghadirkan sebuah kediaman yang nyaman digunakan karena dengan penghawaan panas tubuh kita dapat diserap dan dibuang ke luar ruangan. Dalam perkembangan kebutuhan telah banyak dihadirkan suatu penghawaan buatan yang dikenal dengan AC.

Cara untuk menyiasati angin yang berhembus kuat yang bersifat panas seperti yang terjadi di daerah gurun atau pantai agar menjadi AC alami bagi bangunan yaitu dengan dengan menggunakan cerobong yang diisi dengan bejana berpori dan arang.

Prinsip kerjanya  angin dipaksa  masuk melalui lubang masuk dimana nantinya udara akan melewati bejana yang berisi air. Dengan begitu air dalam bejana ditekan dan menetes pada arang. Arang basah ini dapat berfungsi sebagai filter pembersih udara dan mampu menurunkan suhu hingga 2,1 derajat celcius.

Hal yang perlu dilakukan yaitu hanya mengisi air pada bejana bila sudah habis. Sistem ini cocok untuk daerah lembab namun paling efektif di daerah kering. Penghawaan buatan yang alami dengan pembuatan lubang-lubang ventilasi yang baik akan mampu menghadirkan udara luar ke dalam ruangan secara terus menerus . Oleh karena itu dalam merancang sebaiknya mengetahui sifat-sifat angin dan kondisi angin pada lahan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek