Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengatur Jalur Sirkulasi Udara

Kelancaran sirkulasi udara menjadi kunci utama kenyamanan ruang. Bayangkan bila udara tidak mengalir lancar pasti merasa pengap, sumpek, dan tidak bisa bernafas dengan nyaman. Agar hal tersebut tidak tejadi anda bisa melakukan :

* Patikan setiap sisi rumah memiliki jalur sirkulasi baik berupa pintu, jendela, ataupun lubang ventilasi.

* Bila di ruang tamu tersedia sepasang  jendela untuk masuknya udara, maka buatlah sepasang jendela itu di idnding yang berseberangan dengannya.

* Jarak antar dinding tersebut tidak lebih dari 12 meter, dengan jarak antar dinding di kedua sisinya masing-masing tak lebih dari 4 meter sehingga jarak totalnya 8 meter

* Agar udara panas cepat terusir dari ruangan sediakan lubang ventilasi di bagian atas dinding sebagai jalan keluar bagi udara panas tersebut. Misalnya beberapa sentimeter di atas jendela atau justru ditempatkan berdekatan dengan plafon. Hal yang penting kita tak perlu menunggu suhu udara mendingin, tetapi segera membuangnya dari dalam ruangan.

* Untuk posisi bukaan yang terbaik adalah arah utara dan timur sebab angin yang dibawa tidak lembab dan terasa lebih sehat dibandingkan angin yang datang dari barat dan selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + nine =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek