Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengatasi Kebocoran Pada Talang

Pada umumnya bahan yang digunakan sebagai talang adalah seng, ebonet, dan talang beton. Dari ketiga bahan tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan , terutama dalam potensi menyebabkan terjadinya kebocoran pada talang. Adapun penyebab kebocoran pada talang biasanya disebabkan oleh ukuran talang yang terlalu kecil sehingga tidak dapat menampung debit air hujan dari genting. Akibatnya air meluber. Selain itu permasalahan pada talang  semua jenis yaitu adukan yang tidak menyatu sehingga menyebabkan keretakan pada lokasi pertemuan antara bagian ujung dengan bagian adukan. Jika pada talang berbahan seng terdapat lubang, adanya lubang pada seng juga menjadi salah satu penyebab kebocoran.

Ada beberapa  cara mengatasi kebocoran talang:

* Periksa dahulu peletakan talang air hujan tersebut.  Apakah terjadi selip atau overaping pada karpet karet, genting turun,  dan sebagainya. Bila talang tergeser maka akan terjadi retak pada sambungan talang.

* Tambahkan waterproofing bila talang karpet bocor  atau bolong. Agar lebih kuat dan tahan lama dapat digunakan fiber yag dilapisi waterproofing.

* Jaga kebersihan talang agar tidak tersumbat  oleh kotoran, misalnya daun yang rontok dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek