Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mengatasi Dinding Berjamur

Apakah anda pernah melihat bercak basah menyerupai pulau di permukaan dinding rumah anda? keadaan seperti itu biasa disebut dinding ngompol. Dinding ngompol itu bisa terjadi akibat kondisi dinding yang belum kering sempurna pada saat pengecatan, sehingga kandungan air atau garam alkali masih tinggi dan bereaksi dengan bahan pengikat yang terdapat di dalam cat.

Sementara jamur pada dinding ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam di permukaan. Jamur biasanya timbul pada dinding yang berada di area lembab dan kurang mendapat cahaya matahari.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

* Gosok permukaan dinding dengan ampelas hingga dinding menjadi lebih berpori. Hal ini bertujuan untuk memudahkan uap air keluar.

* Bersihkan jamur yang terdapat pada permukaan dinding dengan cara menggosokkan larutan klorin atau kaporit. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet dan pelindung mata saat anda menggunakan larutan kimia seperti ini.

* Diamkan semalam, kemudian kerok dan bersihkan.

* Kerok juga lapisan cat yang terlihat ngompol dengan kape.

* Setelah benar-benar kering dan bersih lapisi dinding dengan cat dasar berbahan pelarut (solvent bese)

* Pastikan cat dasar telah kering sempurna sebelum memulai mengaplikasikan lapisan cat berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek