Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Menentukan Orientasi Bangunan

Langkah praktis yang dapat dilakukan guna menyiasati  sinar matahari sebagai berikut:

* Posisi lahan yang serong sangat baik untuk menghindari pemanasan satu bidang dinding secara kontinyu sehingga panas matahari tidak sempat merambat masuk ke dalam ruangan.

* Posisi muka bangunan paling baik guna memperoleh pencahayaan matahari yang cukup untuk wilayah tropis Indonesia adalah menghadap ke selatan atau ke utara. Sebaiknya muka bangunan tidak menghadap ke arah barat.

* Jika memungkinkan bangunan diletakkan menyerong dari arah lintasan matahari untuk mencegah penyinaran yang terus menerus pada satu sisi bagian bangunan. Bila tidak memungkinkan tritisan yang rendah dan lebar dapat dipakai dengan kombinasi teras berkanopi.

* Ruang tidur ditempatkan pada bagian yang minim mendapat penyinaran siang dan sore hari agar sejuk. Ruang umum ditempatkan pada bagian yang lain.

* Untuk mengurangi radiasi panas sinar matahari dalam ruangan digunakan pohon pelindung dan penutup atap yang dapat meredam panas. Selain itu plafon ditinggikan.

* Tritisan atap dilebarkan dan direndahkan untuk menjaga sinar matahari langsung ke samping bermanfaat menepis tampias air hujan.

* Bahan penutup halaman yang dapat memantulkan cahaya matahari dapat dipakai misalnya kaca, keramik dengan permukaan halus dan cerah  atau tanaman perdu digunakan sebagai tameng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ five = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek