Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Menentukan Letak dan Posisi Jendela

Menentukan Letak dan Posisi Jendela – Dengan mengetahui arah dan interval waktu dari sinar matahari bukaan jendela yang ideal adalah menghadap ke utara atau selatan. Bukan berarti menghadap ke timur dan barat tidak baik, namun arah timur – barat itu selain memberikan terang yang sangat baik  pada rumah, matahari juga akan memberikan panasnya ke dalam rumah sehingga memerlukan penanganan khusus untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman.

Rumah yang didesain menghadap utara-selatan  atau sebaliknya dan memiliki bukaan besar di arah utara dan selatan akan mendapatkan cahaya matahari dan angin yang terbaik. Lintasan matahari dari arah matahari terbit sebelah timur dan terbenam di sebelah barat tidak akan memberikan pancaran panas yang dapat membuat rumah menjadi krang nyaman karena bukaan berada di sisi utara dan selatan.

Untuk rumah yang menghadap timu – barat atau sebaliknya bukaan yang menghadap ke arah matahari terbit / terbenam perlu diberi penanganan khusus agar [ancaran sinar matahari dapat membuat rumah menjadoi tetap nyaman. Untuk rumah yang didesain dari awal, bukaan-bukaan dapat disesuaikan dan didesain untuk mendapatkan kenyamanan yang diinginkan. Namun untuk rumah yang posisinya tidak bisa memilih, bukan berarti arah bukaan yang telah ada tidak baik. Pada dasarnya dengan iklim yang kita miliki semua arah hadap rumah dan bukaan itu baik. Semakin banyak bukaan maka pertukaran udara yang masuk ke dalam rumah semakin baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek