Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

hujan rumah

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

Jika musim penghujan akan segera tiba maka lebih baik kamu menyiapkan langkah-langkah yang perlu di butuhkan ketika musim hujan tiba. Dan yang terpenting kamu harus mengecek bagian-bagian rumah kamu agar tetap dalam kondisi baik. Memiliki rumah yang nyaman pastinya butuh persiapan dan langkah-langkah yang harus di selesaikan terlebih dahulu, mengingat rumah adalah tempat kita berlindung dari berbagai macam bahaya dari luar. Hujan tentunya bisa membahayakan kamu dan sekeluarga, kenapa? Karena jika hujan deras bisa saja mengakibatkan rumah bocor bahkan banjir.

Oleh kerena itu persiapan sebelum musim hujan dating alangkah baiknya harus di persiapkan agar kamu dan sekeluarga bisa tetap nyaman di dalam rumah. dalam artikel ini kita sudah merangkum beberapa langkah penting yang harus kamu lakukan untuk menghadapi musim hujan, apasajakah itu, yuk langsung saja.

Mengecek saluran air

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek bagian saluran air agar selalu dalam kondisi baik.  Saluran air pada saat hujan pastinya akan mendapati volume air yang lebih besar. Apalagi saluran air di luar rumah. saluran inilah yang menampung air limbah yang di hasilkan dari beberapa rumah di lingkungan kamu. Yang nantinya limbah itu akan di salurkan ke saluran yang lebih besar seperti sungai atau pusat pengelolaan limbah.  Dalam hal ini pentingnya memperhatikan saluran air di luar rumah kamu agar tidak terjadi penumpukan limbah yang terlalu banjak, seperti plastik dan sampah organin lain yang mungkin bisa saja menghambat saluran air.  Untuk melakukan pengecekan dan membesihkan saluran tersebut tentunya kamu tidak bisa sendiri melakukannya. Karena akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu.

kamu bisa menghubungi pengurus RT atau RW jika menemukan kerusakan saluran air atau terjadinya penumpukan sampah si setiap saluran air.  Hal ini harus di lakukan agar pengurus RT nantinya akan meminta semua warga untuk bergotong royong membersihkan saluran air tersebut. Pada saat membesihkan saluran air cek juga pipa-pipa saluran air yang ada di rumah. pastikan tidak ada pipa yang retak atau bengkok yang akhirnya nanti akan menumbulkan masalah baru karena bisa menghambat aliran air.

Memeriksa bagian atap

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

Langkah kedua adalah dengan memeriksa kondisi atap. Pasa saat musim kemarau memang kondisi atap terasa lebih aman. Namun berbeda jika kamu berada di dalam kondisi musim penghujan. Tentunya kebocoran tanpa di sadari bisa muncul secara tiba-tiba akibat jarangnya melakukan perawatan.  Oleh karena itu pentingnya mengecek dan melakukan perawatan pada atap rumah. segera periksa kondisi atap. Jika atap rumah kamu terbuat dari genteng. Kamu bisa memeriksa barangkali ada genteng yang retak. Segera ganti atap tersebut dengan yang baru. Jika atap terbuat dari asbes maka periksa keretakan pada bagian-bagian permukaan asbes.

Setelah kamu memeriksa kondisi atap. Selanjut nya kamu bisa memeriksa kondisi plafon. Periksa kondisi plapon karena bisa saja ada bekas rembesan air atau retak yang bisa saja menyebabkan kebocoran . konsidsi atap juga berpengaruh pada beberapa bidang tembok. Pada atap yang bocor akan menyebabkan air mengalir kedalam retakan tembok tersebut. Tentunya ini akan membuat tembok menjadi kurang kuat dan bisa saja ketetakan bertambah besar jika tidak di perhatikan dengan serius.

 

Mengecek Kondisi Mesin Cuci

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

economictimes.indiatimes.com

Pada musim hujan tentunya cahaya matahari yang menyinari bumi tidak maksimal. Oleh karena itu kamu harus memanfaatkan sumber energi panas yang lain yang bisa kamu gunakan untuk mengeringkan pakaian sehari-sehari yang di gunakan. Pada rumahan saat ini tentunya sudah menggunakan mesin cuci sebagai pengering baju yang bisa di andalkan pada saat musim hujan.

Bayangkan jika kamu memiliki mesin cuci yang terus-terusan di gunakan namun tidak memperhatikan dari segi perawatan dan kebersihan di dalam nya. tentunya akan menyulitkan pada saat nanti akan di pakai. Apalagi jika akan di pakai pada musim hujan.  Tentunya jika mesin cuci rusak kamu bisa saja menggunakan pakaian yang kurang kering dan akan menyebabkan bau apek.

Pada saat musim hujan kamu juga bisa menyiapkan satu ruangan untuk menggantungkan pakaian agar bisa kering. Meskipun membutuhkan waktu yang aga lama. Dengan cara ini kamu tidak terlalu membebani kinerja mesin cuci yang nantinya teus menerus di gunakan untuk mengeringkan pakaian.

 

Menyiapkan alat penerang, senter dan lilin

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

Musim hujan memang menyebalkan bagi sebagain orang yang tidak menyukai ruangan gelap. Terkadang ketika hujan deras yang di sertai dengan petir bisa menyebabkan mati listrik dan menggangu aktivitas di rumah. oleh karena itu kamu bisa menyiapkan senter dan lilin untuk menerangi ruangan ketika mati lampu. Tentunya pada saat mati listrik kamu hanya bisa menunggu listrik kembali hidup . tapi jika kamu memikili generator listrik kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti listrik utama. Kamu bisa kembali beraktifitas seperti menyetrika, dan memasak nasi dan melakukan kegiatan belajar.

Namun karena generator listrik memiliki harga yang lumayan tinggi tinggi kamu bisa menggunakan power bank sebagai penerang listrik dengan bantuan lampu yang di colokan ke usb. Dan kamu juga tetap bisa mengecas handphone.

 

Menyetok beberpa obat

Mempersiapkan Keamanan Rumah Untuk Musim Hujan

alodokter.com

Musim hujan terkadang membawa beberpa penyakit seperti, flu, batuk-batuk, demam diare dan penyakit kulit. Jika kita tidak hati-hati dan menjaga diri tentunya akan mudah terkena penyekit tersebut. Persediaan obat merupakan hal yang sangat penting di lakukan pada saat musim hujan. Karena di saat hujan deras kita pasti merasa malas untuk keluar rumah meskipun ada anggota keluarga yang sakit. Namun jika sebelumnya kamu sudah menyiapkan beberapa obat maka tidak perlu lagi repot-repot pergi keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek