Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Pada dasarnya ruangan kamar di dalam rumah umumnya memiliki ukuran yang tidak terlalu luas dapat ditutup dengan berbagai jenis rangka atap. Namun pilihan jenis rangka atap sebaiknya disesuaikan dengan material pada bangunan utama. Jika bangunan utama menggunakan rangka atap baja ringan, tentu akan lebih efisien jika baja ringan juga digunakan untuk ruangan di seluruh rumah.

Rangka atap baja ringan berbahan dasar baja dengan campuran seng dan alumunium. Untuk aplikasi bentuk dan ukurannya sesuaikan dengan fungsi masing-masing dengan struktur rangka atap. Untuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini biasanya berbentuk T atau U terbalik dan memiliki ukuran yang lebih besar. Sedangkan reng adalah pengikat kuda-kuda dan gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording. Reng pengikat kuda-kuda dangording tersebut membentuk suatu kerangka yang kokoh. Sementara itu lempengan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng  atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih mencengkeram.

Kelebihan material atap ini adalah bobot beratnya yang sedemikian kecil dibandingkan dengan material lainnya. Daya tahan terhadap tekanan dan tarikannyapun lebih unggul daripada material rangka kayu. Selain itu bobot materialnya sendiri ringan . Oleh karena itu rangka atap baja ringan ini dapat menjadi pilihan utama para developer dan pemilik rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 + = fifteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek