Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

pgimgs.com

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

Tak hanya harus memiliki tampilan yang indah, rumah juga harus terasa nyaman agar kamu dan keluarga tetap betah Ketika berada didalam rumah. nah kenyamanan tersebut tentunya ada karena keamanan, salah satunya adalah pemberian material pada atap. mengapa atap? karna jika kamu salah memilih jenis atap yang akan digunakan pada rumah, alhasil rumah bukannya nyaman malah terasa panas dan akan membuat kamu cepat gerah Ketika didalamnya. meskipun menggunakan AC bisa menjadi solusi, namun penggunaan AC yang terus menerus tentunya akan membuat pengeluaran listrik bulananmu akan menambah.

Selain itu atap rumah juga bisa melindungki kita dari berbagai ancaman, seperti cuaca panas, dingin dan terjangan angin. Selain itu pemilihan atap yang tepat akan mengurangi resiko bangunan cepat runtuh. Nah oleh karena itu sangat penting sekali memilih jenis atap yang tepat agar kamu dan keluarga bisa tetap aman dan rumahmu tetap awet. Namun apasakah yang harus diperhatikan Ketika memilih jenis atap rumah, nah kami akan mengulasnya di artikel ini. Berikut ulasannya.

Pemilihan Bahan Material Atap Yang Tepat

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

Housing-Estate.com

Saat akan menentukan jenis atap yang akan kamu pilih, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan bahan atau material atap yang tepat. Ada banyak sekali bahan-bahan dan jenis atap yang sudah beredar dipasaran dan masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Selain itu kamu juga bisa menentukan bahan material yang sesuai dengan anggaran biaya yang sudah direncanakan.

Salah satu jenis atap yang sering digunakan di Indonesia ialah atap genteng tanah liat, pemilihan atap ini sangat popular, meskipun begitu atap ini memiliki krkurangan seperti cepat berlumut jadi harus di perhatikan dan dibersihkan agar selalu awet. Namun  kamu juga bisa memilih jenis material atap yang lain yang tak kalah popular dan memiliki keunggulan yang baik. Jenis atap tersebut ialah

  • beton
  • seng
  • metal
  • UPVC
  • baja
  • kayu ulin

Pilih Atap Yang Berkualitas Dan Garansi Yang Panjang

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

Selain itu penting sekali memperhatikan bahan bangunan dari segi kualitas dan garansinya, hal ini tentunya akan sangat membantu jika material atap kamu mengalami kerusakan. Biasanya produk atap rumah menawarkan garansi untuk menjamin kualitas produk mereka,  kebanyakan garansi yang diberikan ialah 15 tahun. Tentunya berbeda pada masing-masing merek. Kamu sarankan untuk memilih jenis atap yang memiliki kualitas yang baik dan garansi yang Panjang. Meskipun aga mahal namun kamu akan merasakan kepuasan tersendiri saat menggunakannya.

Pemasangan Yang Mudah

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

Cara memilih atap selanjutnya adalah dari cara pemasangannya. Kenapa? Nah jadi Ketika pemasangannya mudah, Ketika terjadi kerusakan maka akan mudah untuk dibenahi dan dipasang Kembali, sehingga Ketika terjadi kebocoran, kamu tidak memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil tukang. Jenis atap yang mudah dipasang ialah Atap UPVC, atap ini dilengkapi dengan system interlock yang menggunakan sekrup khusus. Nah system ini mudah untuk dipasang dan bisa melindungi atap dari permasalahan kebocoran.

Perawatan Yang Mudah

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

tokopedia.com

Faktor yang harus benar-benar diperhatikan saat memilih atap rumah adalah dari segi perawatannya. Tentunya kita tidak ingin repot mengurusi masalah perawatan atap rumah, meskipun bisa memperkerjakan orang lain, namun pemakaian atap yang lebih mudah untuk dirawat lebih efektif untuk meminimalisir mengeluaran anggaran bulanan. Salah satu atap yang mudah untuk dibersihkan yang bisa kamu pilih ialah jenis atap UPVC. Jenis atap in tidak membutuhkan perhatian khusus, dalam artian kita tidak terlalu memperhatikan dari segi perawatannya. Selain itu saat akan dibersihkan pun sangat mudah. Kamu hanya perlu membutuhkan air, campuran sabun dan bahan penggosok dari kain atau spon untuk menggosok permukaan UPVC. Kamu hanya perlu melakukan perawatan duakali dalam sehtahun agar atap bisa tetap kinclong.

Perhatikan Faktor Lingkungan

Memilih Material Atap Yang Baik Dan Benar Dijamin Bikin Nyaman

indonusa-conblock.com

Nah selain memilih sesuai kualitas, harga, cara pemasangan dan perawatan, kamu juga harus mempertimbangkan lingkungan disekitar rumah. Tak hanya baik untuk rumah hunian mu. Namun harus baik pula untuk lingkungan disekitarnya. Kamu juga harus mencocokan material atap dengan lingkungan. Jika lingkungan atau daerah disekitar tidak cocok dengan material atap maka dampaknya akan berpengaruh pada atap itu sendiri, yaitu mudah rusak.

Tentunya jika ataprumah rusak maka akibatnya akan berpengaruh pada pengeluaran anggaran rumah yang membengkak karna harus mengganti ulang atap atau memperbaikinya. Nah untuk kamu yang tinggal didaerah panas, hindari untuk memilih atap berbahan metal dan tanah liat. Karena kedua bahan tersebut menyerap panas. Maka sebaiknya pilih bahan material UPVC atau beton, bahan tersebut mampu memblokir suhu panas karena memiliki struktur berongga yang memungkinkan untuk udara bersirkulasi. Sehingga bagian dalam rumah tidak akan terlalu panas meskipun udara diluar rumah sedang panas.

Sumber Referensi: 99.co/id/blog

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek