Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Membuat Rumah Berkesan Lebih Luas

Di kota besar seperti Jakarta, lahan yang tersedia semakin  sempit.  Namun kebutuhan akan tempat tinggal semakin tinggi. Jika Anda memiliki sebidang tanah yang tidak terlalu luas , menambah lantai ke atas dapat mengurangi penggunaan lahan tersebutsehingga masih dapat memiliki ruang terbuka di sekitar bangunan. Selain menambah lantai, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengamuflase luasan ruang.

Dari segi desain: Buatlah ruang-ruang di dalam rumah dengan  mengurangi beberapa sekat yang tidak terlalu penting sehingga secara psikologis ruang akan kelihatan lebih luas. Selain itu untuk membuat ruang terlihat lebih luas Anda bisa menggunakan lantai mezzanine dan void. Dengan penggunaan mezzanine dan void diharapkan ruangan akan terlihat lebih terang dan terbuka juga akan memperlancar sirkulasi udara. Namun untuk penggunaan mezzanine dan void ini sulit diterapkan pada type rumah mungil.

Warna dan Material: Hindari penggunaan warna-warna gelap karena akan lebih berkesan mempersempit ruangan. begitu juga dengan lantai hindari warna-warna gelap dan nat berwana gelap.Jika menggunakan list ceiling ataupun plint lantai jangan menggunakan lis dengan profil rumit. Pakailah lis simpel berwarna cerah dan gunakan warna yang sama dengan lantai, dinding atau plafonya. Untuk jendela jangan dibuat terlalu rumit, buatlah simpel dan polos.

Peletaan desain: Sebisa mungkin gunakan furnitur yang built in yang ditanam ke dinding , ini memberikan efek ruang menjadi bersih  sehingga terkesan lebih luas. Hindari tempelan di dinding terlalu banyak karena akan memberi kesan ruang menjadi sempit.

Penyekat dan Cermin: Untuk rumah kecil sebaiknya tidak menggunakan penyekat apabila harus menggunakan usahakanpakailah bahan-bahan yang ringan seperti kayu dan kaca. Cara yang paling ekstrim untuk memperluas ruangan yaitu dengan menggunakan kaca cermin.

Bukaan dan View ke luar: Jika Anda memiliki rumah relatif kecil namun terletak di kawasan berbukit, buatlah bukaan sebesar mungkin agar view di luar dapat dinikmati dari dalam. Ruangan akan terasa lebih luas dan lapang namun disarankan jika hanya untuk lahan yang mempunyai view yang potensial

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek