Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Membuat Pencahayaan Yang Ideal Untuk Ruang Tamu

membuat-pencahayaan-yang-ideal-untuk-ruang-tamu-696x454 (1)

Berada di area rumah bagian depan, ruang tamu biasa digunakan untuk menjamu tamu yang datang berkunjung. Maka tak heran jika ruang tamu pun dirancang sebaik mungkin agar tampak cantik dan nyaman untuk ditempati berlama-lama. Membicarakan tentang keindahan dan kenyamanan ruang tamu, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor pencahayaan. Kira-kira bagaimana sih membuat pencahayaan yang ideal untuk ruang tamu itu?

1. Atur konsep pencahayaan yang sesuai dengan tema

Tema ruangan pasti akan mempengaruhi seperti apa pencahayaan yang ideal untuk ruang tamu. Misalnya jika tema ruang tamu menerapkan konsep modern, biasanya lampu dengan sorot putih bisa dijadikan pilihan. Dengan pilihan lampu berwarna putih yang sesuai sama tema ruang tamu modern, pastinya desain ruang tamu pun akan tampak lebih cantik dan menawan.

2. Membuat pencahayaan yang ideal wajib memperhatikan area di sekitar ruang tamu

Untuk membuat pencahayaan yang ideal di dalam ruang tamu, Anda ternyata juga wajib untuk memperhatikan seperti apa area-area di sekitar ruang tamu. Soalnya, pencahayaan dalam ruangan itu bisa berasal dari berbagai sumber. Misalnya dari cahaya sinar matahari alami yang masuk ke dalam ruangan melalui jendela, pintu atau ventilasi rumah, atau cahaya yang berasal dari pengaplikasian lampu. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan hal ini, sebelum memilih jenis lampu apa yang ingin diaplikasikan dalam ruang tamu hunian.

3. Pilihlah jenis lampu ruang tamu yang sesuai kebutuhan keluarga

Terkadang tidak semua rumah itu menggunakan ruang tamu sebagaimana mestinya, maksudnya adalah di dalam setiap rumah itu biasanya fungsi ruang tamu tidak hanya digunakan sebagai area penerimaan tamu saja! Melainkan banyak sekali yang juga menggunakan ruang tamu sebagai area untuk belajar, me-time, atau bahkan jadi spot favorit menonton film favorit. Sehingga dengan kebutuhan yang bermacam-macam itu, pastinya Anda wajib mempertimbangkan jenis lampu apa yang ideal untuk menerangi ruang tamu di rumah kalian.

4. Jangan lupakan soal ukuran dan luasan ruang tamu

Ketika ingin mendesain titik pencahayaan yang ideal di ruang tamu, sudah pasti harus mempertimbangkan soal ukuran dan luasan ruang tamu kan?! Soalnya beda kan, memilih jenis lampu untuk pencahayaan ruang tamu yang kecil dan untuk ruang tamu yang besar. Mengingat ruangan yang ukurannya besar atau luas tentu akan membutuhkan jumlah cahaya yang berbeda dengan ruangan yang ukurannya kecil. Sehingga sudah pasti, luas ruangan akan mempengaruhi jumlah cahaya yang dibutuhkan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek