Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Material Lantai Carport

Apapun material yang digunakan, aspek keselamatan harus menjadi pertimbangan utama. Selain itu disesuaikan dengan”tema” desain rumah agar tercipta keselarasan.

Letaknya yang berada pada ruang terbuka, memungkinkan area garasi mobil kerap basah terkena guyuran hujan dan menyebabbkan lantai menjadi licin. Dalam keadaan basah seperti ini, carport tidak nyaman dan bahkan berbahaya jika digunakan sebagai akses ke luar masuk rumah. Oleh karena itu material lantai carport harus mempertimbangkan kondisi tersebut di atas yakni aman dalam segala kondisi dan cuaca.

Untuk menghindari licin dan slip material lantai harus memiliki tekstur. Selain itu harus sesuai fungsinya sebagai”garasi” mobil, material lantai juga harus memiliki daya tahan terhadap beban yang cukup besar dan tahan gesekan.

Kini ada banyak material lantai yang memenuhi syarat untuk area carport, mulai dari plesteran semen hingga ubin keramik. Bisa juga memakai batu alam (andesit, salagedang, batu kali lempeng, karang pilang), grass block, paving block, atau kombinasi dari berbagai jenis material tersebut. Akan tetapi material apapun yang dipilih aspek keamanan harus menjadi pertimbangan utama, yakni aman dari segala kondisi dan cuaca.

* Semen plesteran

Merupakan jenis lantai yang paling sederhana . Biayanya relatif murah dibanding material lainnya dan pembuatannya sederhana. Akan tetapi warnanya yang agak gelap membuat jenis kotoran seperti pasir dan debu samar terlihat pada cuaca terik matahari. Sesuai namanya lantai ini dihasilkan dari plesteransemen pada permukaan lantai. Akan tetapi finishingnya tidak dihaluskan dengan perlakuan menyapu acian semen dengan lidi atau menyisir dengan alat khusus yang disebut trowel sehingga permukaan lantai bertekstur. Trowel ini banyak dijumpai di toko material bangunan.

* Semen cetak dan Koral sikat

Material berupa cetakan semen dalam bentuk lembaran atau lempengan dengan ketebalan 3-5 cm. Pencetakan semen bisa dilakukan langsung di badan lantai atau di luar area lantai. Meski berbeda letak pembutannya proses tetap sama. Semen cetak yag langsung dibuat di badan lantai maka pola cetakan dibuat untuk satu bidang lantai memperhitungkan kemiringannya. Sedangkan jika dilakukan di luar area lantai pola cetakan dibuat untuk satu lempengan.

Adukan semen untuk material lantai ini merupakan campuran pasir, semen dan batu koral ( 3 : 1 : 0,25 ). Batu koral kecil berfungsi memperkuat struktur semen. Adukan semen dimasukkan dalam cetakan terbuat dari kayu atau besi. Setelah kering pola cetakan dilepas. Untuk memberi nuansa berbeda dan sebagai elemen pemanis bagian atas semen cetak bisa diberi batu koral hias. Lantai koral sikat cocok untuk rumah bergaya country. Barangnyapun bisa dibeli di toko-toko khusus yang menjual material batu alam.

 

One Response to Material Lantai Carport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + = fourteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek