Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Manfaat penggunaan Void Rumah dalam rancangan rumah tinggal

Void-Rumah-Vertikal-1315207925-1516927186641

Dalam merancang sebuah rumah tinggal, istilah void rumah mungkin terdengar familiar dan kerap disebut-sebut. Namun, apa itu void rumah?
Void rumah adalah ruang kosong terbuka yang terletak ditengah-tengah konstruksi antar dua lantai. Bagi sebagian orang, void rumah bisa diartikan, dan sering juga disebut dengan istilah “plafon ganda”.
Kehadiran void rumah dalam sebuah rancangan pada dasarnya tidak hanya sekedar sebagai pemanis atau memberikan segi estetis pada rumah saja. Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan penghuni hunian dengan menggunakan void rumah sebagai elemen bangunannya. Berikut beberapa manfaat dari hadirnya void rumah dalam rancangan rumah tinggalmu.
1. Sumber pencahayaan alami
Kehadiran void rumah bisa dimanfaatkan sebagai strategi menangkap lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke dalam hunian. Hal ini tentunya akan membuat pencahayaan alami rumahmu jadi lebih baik. Untuk itu, selalu perhatikan arah dan sudut datang matahari dalam merancang void rumah agar pencahayaan alami yang didapat dari menghadirkan void rumah menjadi lebih maksimal.
Selain menangkap sumber pencahayaan alami, sifat terbuka yang dimiliki void rumah juga akan membantu persebaran cahaya sehingga ruangan di dalam rumah jadi jauh terasa lebih terang.
2. Memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada rumah tinggal
Selain pencahayaan alami, void rumah juga bisa diandalkan untuk memaksimalkan pengudaraan alami di dalam rumah. Tak hanya membantu menangkap udara lebih baik, keberadaan void rumah yang terbuka juga akan membuat alur sirkulasi udara di dalam hunian jauh lebih baik yang akan mencegah kelembapan udara berlebih dan membuat rumah menjadi jauh lebih sejuk untuk kamu yang tinggal di daerah tropis. Sirkulasi udara yang baik merupakan ciri-ciri dari rumah sehat lho!
3. Memberikan efek visual lebih luas dan lapang melalui void rumah
Karena sifatnya yang terbuka dan memberikan pencahayaan yang lebih baik, kehadiran void rumah akan memberikan kesan yang lebih lapang pada hunianmu. Void rumah bisa menjadi pusat dari hunian yang menghubungkan berbagai ruang lainnya dan menjadikannya seperti sebuah ruang luas yang utuh tanpa penggunaan terlalu banyak sekat-sekat masif.
4. Mempermudah komunikasi di dalam rumah
Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, dengan adanya void rumah, beberapa ruang berbeda jadi tetap bisa terkoneksi bahkan ruang berada di beda lantai. Dengan begitu setiap penghuni rumah jadi jauh lebih mudah untuk bertemu dan berkomunikasi satu sama lain meski berada di ruang bahkan lantai yang berbeda.
Nggak cuma mempermudah komunikasi akan penghuni rumah, void rumah juga menjadikan atmosfer di dalam hunian menjadi lebih hangat dan dekat.
5. Memberikan suasana rumah yang lebih dinamis dan tidak monoton
Salah satu hal yang sudah pasti akan dirasakan pada saat memiliki void rumah adalah suasana yang lebih dinamis. Kehadiran void akan membantu membuat rumah nggak terasa terlalu datar dan juga membuat variasi ukuran dari ruangan di dalam rumah. Rancangan void rumah membuat interior juga jauh dari kesan monoton dan membosankan. Dengan adanya void, kreasi desain rumah juga bisa dieksplorasi lebih banyak dan dalam. Terlebih lagi, penempatan void yang tepat bisa membuat rumah lebih megah dan elegan, lho.

Itulah beberapa hal mengenai void rumah dan manfaatnya di dalam hunian yang perlu kamu pahami agar bisa mewujudkan rumah yang nggak hanya estetis, tapi juga tepat guna.
Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengaplikasikan void rumah ke dalam hunian adalah kekuatan dan sistem konstruksi rumah, kebutuhan luas dari void rumah serta ketersediaan lahannya.
Memaksakan void rumah pada lahan yang terbatas tidak akan membuat rumah terasa lapang, justru sebaliknya. Kalau masih ragu, jangan lupa berkonsultasi pada arsitek atau jasa interior desain profesional untuk rumahmu. Supaya Rumah anda terkesan lebih nyaman dan fungsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek