Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

kopi bubuk

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

Ketika kamu sedang duduk santai di pagi hari mungkin untuk sebagian orang tak lengkap rasanya tidak di temani secangkir kopi hangat yang bisa menambah suasana relax kamu di pagi hari sambil di temani cemilan kue kering dan membaca berita dari Koran atau majalah digital tentunya akan memanjakan suasana pagimu. Selain itu kopi juga bisa melengkapi dan menemanimu ketika hendak beraktifias di malam hari. Untuk sebagian orang meminum kopi adalah sebuah keharusan karena bisa meningkatkan kinerja. kopi bisa mencegah rasa ngantuk, bahkan jika kamu meminum kopi hitam pada malam hari, bisa saja kamu tidak akan bisa tidur sampai keesokan harinya.

Nah selain bisa membuat mu terus terjaga semalaman, ternyata kopi juga bisa kamu manfaatkan dalam hal lain loh, apasajakah itu, yuk simak artikel di bawah ini.

 

Bisa menghilangkan bau yang tidak sedap

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

Thinkstockphotos

Sebagian orang pastinya sudah mengetahui bahwa aroma yang terdapat pada kopi bisa menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Cara ini bisa kamu coba, selain itu ini tergolong aman dan tidak beresiko. Caranya sangat mudah, kamu bisa meletakan biji kopi, letakan pada bagian dalam sepatumu, atau kamu bisa membungkus biji kopi pada kantong atau kain yang berjaring kecil. Nah efek aroma kopi ini bisa bertahan dalam waktu setengah hari, jika ingin lebih maksimal, kamu bisa menganti biji kopi secara berkala. Selain untuk sepatu, kamu juga bisa menggunakan kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada lemari atau kulkas loh. Caranya sangat mudah, kamu bisa menggunakan bubuk kopi yang di telakan pada mangkuk kecil, lalu simpan pada sudut lemari atau kulkas.

 

Bisa membersihkan kotoran membandel pada wajan

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

Teflon Foto: Shutter Stock

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari biji kopi yaitu bisa membersihkan wajan. Nah setelah kamu selesai memasak di dapur menggunakan wajan pastinya kamu menadapati kotoran yang menempel pada wajan tersebut. Apalagi kotoran tersebut sangat kuat dan membandel yang mungkin sulit jika di bersihkan menggunakan sabun biasa. Yup kamu bisa memanfaatkan biji kopi untuk membersihkan kotoran yang membandel tersebut. Sehingga wajan akan kembali bersih dan aman ketika nanti akan kembali di gunakan.

Nah cara untuk membersihkan wajan dengan kopi ini sangat mudah loh, kamu cukup menuangkan ampas kopi pada bagian wajan yang memiliki kotoran yang membandel. Lalu gosokan wajan menggunakan spon, nah alhasil kotoran akan mudah rontok, kamu bisa membilasnya menggunakan air, jika masih ada sisa noda yang tertinggal kamu bisa mengulangi langkah sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

Bisa di gunakan untuk mengusir semut dan kecoa

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

Terkadang semut sangat menggangu jika terus di biarkan, semut menyukai makanan yang mengandung gula dan manis, oleh karena itu setiap makanan yang manis-manis pastinya jika kita biarkan tergeletak di meja akan di serbu oleh semut. Tentunya hal ini akan sangat menggangu. Namun Tahukah kamu bahwa semut tidak menyukai aroma yang di hasilkan dari biji kopi. dalam hal ini tentunya kamu bisa memanfaatkan kopi untuk membuat makanan kamu tetap aman dari gangguan semut.

Daripada kamu menggunakan bahan kimia yang mungkin bisa saja membahayakan penghuni rumah, pemakaian kopi bisa jadi alternatif dan tidak berefek bagi penghuni rumah jadi ini sangat aman yah untuk di gunakan. Nah caranya sangat-sangat mudah, kamu bisa meletakan ampas kopi pada lubang semut atau tempat yang biasanya menjadi pusat tempat berkumpul nya semut. Sehingga semut akan merasa terganggu dengan aroma kopi tersebut.

Tak hanya pada semut, kamu juga bisa memanfaatkan kopi untuk mengusir kecoa loh. Sama hal nya seperti semut, kecoa juga tidak menyukai aroma yang di hasilkan oleh kopi, cara nya hampir saya, kamu bisa menggunakan ampas kopi lalu letakan pada area yang menjadi tempat berkumpulnya kecoa.

 

Bisa di gunakan untuk memperbaiki furniture

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

Jika kamu memiliki furniture yang tergores akibat benda tajam tentunya ini akan sangat menyebalkan  bukan?, apalagi furniture tersebut memiliki harga yang sangat mahal. Sedikit goresn saja bisa membuat harganya jatuh. Namun kamu tidak perlu khuatir. Ada solusi di balik masalah hehe, nah ampas kopi ternyata bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk menambal retkan-retakan pada furniture, namun furniture yang di tambah yang memiliki warna gelap yah. Agar warna nya mudah tersamarkan.

Cara nya sangat mudah, kamu bisa menggunakan bubuk kopi yang di campurkan dengan air hangat lalu aduk hingga menjadi adonan pasta. Nah kemudaian adonan tersebut kamu oleskan pada permukaan furniture yang retak tersebut secara merata. Tunggu hingga adonan mongering , kemudian gosok perlahan agar permukaan nya terlihat mengkilap dan bisa sama dengan furniture.

 

Bisa di gunakan sebagai pupuk pada tanaman

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari bubuk kopi

bobo.grid.id

Penggunaan ampas kopi ternyata tak hanya sebagai pengusir hewan kecil seperti semut dan kecoa, namun kamu bisa memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk pada tanaman. Penggunaan pupuk ampas kopi ini tentunya lebih menghemat pengeluaran daripada kamu membeli pupuk khusus. Selain itu jenis pupuk ampas kopi juga lebih ramah lingkungan dan mudah untuk di dapatkan.

Cara penggunaan nya pun sangat mudah, ketika kamu sudah selesai meminum kopi, ambil ampas yang ada pada gelas, kemudia semabrakn ampas kopi tersebut pada tanah di sekitar tanaman, aduk kopi dan tanah agar tercampur secara merata. Penggunaan ampas kopi sebagai pupuk bisa membantu tanaman untuk tumbuh dan selalu terlihat segar.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six + = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek