Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

agar-lantai-kamar-mandi-tidak-licin-3-696x462

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

Kloset jongkok dan kloset duduk, manakah yang lebih baik? , pada umumnya orang yang tinggal di perkotaan besar, permuahan dan apartement pastinya mereka menggunakan kloset duduk untuk toilet nya, karena kloset duduk ini dirasa lebih modern dan lebih nyaman di gunakan. Namun dibalik modern dan nyaman nya kloset duduk apakah lebih sehat jika di bandingkan dengan kloset jongkok?

Di indonesaia pada umunnya penggunaan kloset ini lebih banyak yang menggunakan kloset jongkok dibandingkan dengan kloset duduk. Namun tak sedikit pula yang menggunakan kloset duduk di rumah nya. penggunaan kloset duduk tak hanya di gunakan di rumahan saja. Bisanya kita menemui kloset duduk ini di berbagai fasilitas umum. Tapi tahukah kamu menurut para peneliti bahwa kloset jongkok lebih menyehatkan jika di bandingkan dengan kloset duduk. Nah dalam artikel ini kami akan sedikit mengulas mengapa kloset jongkok lebih baik daripada kloset duduk. Yuk langsung saja.

 

Berdasarkan penelitian

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

Di dalam sebuah penelitiaan yang di terbitkan oleh sebuah jurnal Digestive Diseases and sciences. Dov sikirov menilai bawha berjongkok atau berduduk saat di kloset bisa mempengaruhi kelancaran pada saat kita buang air besar atau BAB.  Pada saat kita sedang berdiri. Usus besar bertempat feses di simpan di tekankan ke atas oleh otot puborectalis yang menjaga agar feses tidak mengalis keliar sampai saatnya di buang. Pada saat menggunakan kloset duduk. Otot yang tidak berkontraksi atak menekan hanya sebagian. Itulah kenapa kloset uduk kurang baik jika di gunakan.

 

Apa penyebab toilet jongkok lebih unggul dibandingkan toilet duduk?

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

klikdokter.com

Saat kita menggunakan kloset duduk membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan kloset jongkok, hal ini karena seluruh otot puborectalis bekeraja sehingga tidak akan mempermudah proses membuangan. Berbeda hal nya dengan kloset jongkok, pada saat kita dalam posisi jongkok seluruh otot puborectalis tidak dalam keadaan bekerja. Jadi proses pembuangan akan jauh lebih mudah dan lancer.  Ketika kamu sedang menggunakan kloset jongkok, sudut anorektal akan membentuk secara sempurna. Sudut anorektal mereupakan sudut yang terbentuk di area antara anus dan rektum atau bagian pada akhir dari usus yang merupakan jalur keluar nya feses.  Pada saat kita menggunakan kloset duduk maka sudut ini akan tertekuk sehingga feses akan sulit untuk keluar. Sebalik nya ketika kita menggunakan kloset jongkok, usus dan anus berada pada jalur yang lurus hingga memudahkan untuk feses bisa keluar dengan lancer.

 

Berdasarkan rekomendari dari dokter

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

Sesuai dengan anjuran para dokter pasian di rekomendasikan untuk jongkok pada saat akan melakukan buang air besar, ketimban menggunakan kloset duduk. Karena hal ini untuk mengatasi masalah usus yang sering di alami. Ada banyak para ahli yang berpendapat bahwa penyakit pencernaan berawal dari duduk dan mengejen di kloset duduk.  Biasanya terjadi masalah awal yang di sebabkan karena sulit buang air besar yang mengharuskan kita untuk mengejen dengan tenaga maksimal, bahkan penelitian yang menunjukan bahwa banyak waktu yang kita habiskan di kamar mandi dengan kloset duduk. Hal ini tentunya akan mengganggu kesehatan karena semakin besar kemungkinan untuk terkena wasir atau pembengkakan pembuluh dara di dalam sekitar anus.

 

Toilet jongkok lebih higienis dibandingkan toilet duduk

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

Tahukah kamu selain sehat untuk di gunakan. Ternyata kloset jongkok lebih higienis jika di bandingkan dengan kloset duduk. Hal ini karena tidak ada kontak langsung antara tubuh dengan kloset itu sendiri. Selain itu menggunakan kloset jongkok dapat melatih kekuatan kaki dan otot kaki dengan menahan berat dan melatih otot dasar pada pinggul.  Namun jika di lihat dari sisi positif nya, menggunakan kloset duduk memang lebih nuaman dan lebih santai. Terutama bagi penderita arthritis karena lutut dan kaki tidak bisa menahan beban bobot tubuh, dan untuk ibu hamil dan lansia pun di sarankan untuk menggunakan kloset duduk karena lebih aman ketika di gunakan.

 

Jadi manakah yang lebih baik untuk di gunakan?

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok?

Nah lantas bagaimana jika kita sudah terlanjur menggunakan kloset duduk di rumah. apakah harus membongkar lalu menggantinya dengan kloset jongkot. Hal ini tidak perlu di kalukan. Karena ada tips yang lebih mudah di lakukan agar kamu bisa menggunakan kloset duduk dengan aman dan bisa menjaga kesehatan, caranya adalah dengan menggunakan kursi kecil atau kursi dingklik , lalu di letakan di bawah kaki pada saat sedang buang air besar. Hal ini ketika kaki lebih tinggi dari anus maka memuat tubuh seperti dalam keadaan jongkok dan otot-otot akan melemas dan jalus feses tidak akan tertekuk.

Setelah kamu membaca artikel di atas pstinya kamu sudah biasa menyimpulkan mana yang harus kamu pilih. Pada dasar nya kloset jongkok maupun kloset duduk mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun untuk sesorang yang sedang dalam keadaan sehat, bukan lansia atau ibu-ibu hamil maka di sarankan lebih baik untuk menggunakan kloset jongkok agar terhindar dari penyakit. Namun untuk ibu-ibu hamil di sarankan untuk menggunakan kloset jongkok agar tidak menggangu perut.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek