Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

bobo.grid.id

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

Menjadikan ruangan tampak lebih sehat dan alami tentunya bisa di wujudkan dengan memberikan tanaman-tanaman yang hijau dan fresh kedalam ruangan. dengan begitu ruangan akan terasa tampak terlihat lebih segar dan nyaman, selain itu pemberian tanaman pada ruangan juga akan menjadikan rumah lebih bersih dari polutan sehingga udara di dalam ruangan lebih berkualitas.  Pemberian tanaman pada ruangan interior juga bisa membuat ruangan tampak lebih cantik.

Agar ruangan selalu tampak segar dan alami tentunya butuh perawatan terhadap tanaman-tanaman yang kita aplikasikan pada interior rumah. jika di biarkan begitu saja jarang melakukan perawatan tentunya tanaman bisa saja layu atau tampak tidak sesuai dan akan merusak nilai estetika yang di tampilkan pada ruangan interior.

Nah untuk itu dalam artikel ini kita akan mengulas cara merawat tanaman di ruang interior agar selalu tampak segar dan indah. Tanpa menunggu lama-lama yuk langsung saja.

 

Berikan nutrisi pada tanaman dengan rutin

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

www.casaindonesia.com

Pemberian nutrisi pada tanaman adalah yang yang penting untuk menjaga tanaman agar selalu tampak lebih segar dan bisa bertahan dengan baik. Selain memberikan pencahayaan yang baik dan pemberian air yang cukup kamu bisa memberikan nutrisi untuk memenuhi ke butuhan nutrisi tanaman.  Tanaman hias dalam ruangan biasanya membutuhkan nitrogen untuk keseimbangan dan kalium yang berfungsi untuk menjaga kekuatan pada batangnya.

Untuk melakukan pemupukan yang tepat pada tanaman hias ialah pada waktu awal atau tepat saat akan mulainya musim penghujan. Pada saat musim hujan tumbuhan akan lebih aktif jika di bandingkan dengan musim kemarau. Pemakaian pupuk alami dan pupuk buatan bisa di kombinasikan untuk perwatan tanaman hias.

 

Pastikan tanaman hias untuk mendapatkan Pencahayaan alami yang cukup

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

Instagram.com/la.vally

Tanaman hias dalam interior rumah juga membutuhkan cahaya matahari alami untuk membuatnya tumbuh subur . peletakan tanaman hias yang baik adalah dengan meletakan nya di dekat dengan ruang terbuka, misalnya dekat jendela atau di tempat yang mudah terkena cahaya matahari.

Jika kamu meletakan tamanan di ruangan minim cahaya matahari maka perlu nya untuk meindahkan tanaman keluar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari minimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini untuk membantu tanaman dalam proses pertumbuhannya.

 

Gunakan Media tanaman dan wadah  yang baik

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

bobo.grid.id

Mengganti media tanaman juga penting di lakukan untuk menjaga kondisi tanaman agar selalu terjaga dengan baik. Seringkali kondisi pada media tanaman berubah menjadi lembab atau kering hal ini bisa menghambat suplai nutrisi pada tanaman.  Gunakan media tanaman yang mengandung banyak material organic yang bisa mengikat air dengan baik dan sempurna.  Komposisi campuran tanah, pupuk dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.  Media tanam yang di gunakan juga perlu di simpan pada pot yang mempu menjaga kelembapan tanah. kamu bisa menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat.

Setelah kamu memperhatikan media tanam untuk tanaman, kamu juga harus memperhatikan wadah tanaman hias yang akan kamu gunakan untuk tanaman tersebut.  Wadah tanaman harus di ganti jika pot sudah rusak atau tidak bisa lagi menampung ukuran tanaman yang tumbuh besar. Menggunakan pot yang lebih besar untuk memastikan ketersediaan ruangan untuk tumbuhnya tamanan hias.

 

Lakukan Pemangkasan Pada tanaman Agar selalu tampak rapih

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

www.casaindonesia.com

Untuk menunjang kenidahan pada ruangan di butuhkan perawatan seperti mencukur pada bagian daun tanaman agar tidak terlalu tinggi. Kamu harus melakuakn nya dengan rutin agar ruangan selalu tampak indah dan tidak menggangu penghuni di dalamnya.

Pada bagian tamanan yang harus di pangkas ialah pada bagian yang bisa di control pertumbuhannya. Seperti batang, daun dan ranting. Selain itu kelebihan melakukan pemangkasan pada tanaman juga baik untuk tanaman itu sendiri. Terutama untuk membuang bagian yang terkena hama sehingga tidak menyebar pada bagian tubuh tanaman.

 

Tidak Terlalu Sering Menyiram Tanaman Dengan Air

 

Lima Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Tampil Segar

Shutterstock

Terlalu sering menyiram tanaman dengan air tidak lah baik untuk tanaman. Meskipun terdengar baik namun jika kita lihat lebih dalam, pemberian air yang terlalu sering bisa mengakibatkan akar pada tanaman menjadi busuk dan tanaman akan menjadi mati.  maka untuk menyiram tanaman harus rutin namun tidak terlalu sering. Kamu bisa melihat kondisi tanah pada tanaman itu sendiri. Tanah masih dalam keadaan lembab maka kamu tidak perlu memberikannya air.

Waktu terbaik yang tepat untuk menyiaram tanaman adalah pada pagi hari karena pada saat itu air menyerap kedalam seluruh bagian tanaman sebelum menguap saat terkena sinar matahari pada siang hari. Penting nya pemilihan waktu dan cara menyiram tanaman harus di perhatikan agar tanaman rumah selalu tampak lebih segar dan terawat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek