Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Kreatif Menata Ruang Duduk

Ruang duduk merupakan pusat atau jantung sebuah hunian. Di ruang inilah anggota keluarga atau kerabat berkumpul untuk menikmati saat-saat santai dalam suasana akrab dan hangat. Kegiatan yang paling umum dilakukan di ruang ini adalah  menonton televisi dan mengobrol antar anggota keluarga. Dalam masyarakat Indonesia acara berkumpul biasanya di atas bale-bale atau duduk bersila di lantai. Pada hunian modern ruang keluarga berupa satu ruangan tersendiri dan diisi dengan furniture.

Letak dan desain ruang keluarga biasanya berkaitan dengan sirkulasi dan lay out di dalam rumah serta penataan isinya. Ruang keluarga biasanya berada di tengah rumah, berdampingan denga are tangga  dan dirancang berupa void dua lantai sehingga terasa lebih lapang. Seiring dengan gaya hidup masyarakat modern ruang keluarga kini cenderung disatukan dengan ruang makan dan pantry. Dengan demikian orientasi pandangan (view) menjadi aspek penting dalam desain ruang keluarga. Karena itu ruang ini kerap berdampingan dengan taman dalam (inner court atau halaman belakang serta dikelilingi oleh jendela lebar sekaligus memaksimalkan sirkulasi udara segar dan masuknya cahaya alami.

Sebelum merencanakan isis ruang keluarga sebainya menyusun daftar kebutuhan sesuai dengan kebiasaan keluarga dan kondisi ruang. Pili tempat duduk secukupnya minimal sesuai anggota keluarga. Pilihlah meja rendah . Elemen serta pelengkap seprti karpet dan aksesori di atas meja sesuaikan dengan selera Anda. Lampu yang serig digunakan adalah jenis lampu downlight dilengkapi dimmer

Layout ruang keluarga bisa fleksibel sesuai dengan kebutuhan keluarga. Bagi penggemar home theater dapat dipasang sistem peralatan seperti speaker, subwover dan player . Untuk memberikan kesejukan bisa ditempatkan pot tanaman atau rangkaian bunga potong segar. Semoga ide penataan ruang keluarga ini dapat memacu kreatifitas Anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek