Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Komposisi Massa

Komposisi adalah hal yang berperan dan berkaitan dalam membentuk estetika desain fasad secara raut. Komposisi membentuk raut secara dua dimensi. Kompoisi akan terlihat jelas pada tampak gambar. Di dalamnya akan terlihat perpaduan antara peletakan, bentuk, dan besar elemen-elemen penyusun fasad seperti pintu, jendela, dinding solid, dinding massif, pilar, railing, atap, dan lain-lain.

Inti keberhasilan dari suatu komposisi adalah terciptanya suatu keseimbangan pola yang menciptakan keindahan desain. Model komposisi ada dua yaitu simetris dan asimetris. Pada komposisi simetris bagian kanan dan kiri fasad memiliki pola yang serupa. Karena membentuk keseimbangan yang pasti, estetika desain fasad mudah sekali didapatkan jika menggunakan komposisi ini. Komposisi simetris seringkali diterapkan pada rumah bergaya klasik atau rumah adat di Indonesia. Sementara komposisi asimetris merupakan bentuk komposisi dengan pola yang berlainan antara bidang kanan dan kiri.

Walaupun demikian dalam komposisi asimetris ini tetap dituntut suatu keseimbangan desain untuk menghasilkan estetika  desain fasad. Komposisi asimetris banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis untuk memecah kekakuan massa. Permainan komposisi asimetris merupakan permainan rasa tingkat tinggi. Tidak semua orang bisa mendapatkan komposisi asimetris yang pas. Mintalah saran dari arsitek jika anda mengalami kesulitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek