Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Komponen Atap Dalam Bangunan

Tidak ada salahnya mengenal komponen atap dengan baik agar dapat diperoleh kesesuaian antara bentuk, struktur dan karakter material atap terhadap desain  (gaya arsitektur). Komponen penyusun atap terdiri dari struktur atap, penutup atap, komponen pelengkap, lisplank, maupun asesories pada atap bangunan.

* Struktur Atap : susunan rangka atap yang berfungsi sebagai penopang dapat membentuk suatu lekukan atas atap yang menghasilkan jurai luar dan dalam hingga menciptakan bentuk atap yang dikenal dengan jenis atap. Misalnya limasan, joglo, pelana dan lain-lain.

* Penutup atap : bagian terluar dari sebuah atap bangunan yang menutupi secara keseluruhan bagian atap. Faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan penutup yaitu : berat material  atap dan kesesuaian antara karakter material dengan desain bangunan. Struktur penopang atap juga dapat dipengaruhi oleh ukuran dan desain penutup atap.

* Elemen pelengkap : merupakan elemen yang berfungsi sebagai pendukung struktural sekaligus juga sebagai elemen estetis. Elemen tersebut antara lain talang dan lisplank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 2 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek