Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

Frozen Pipe

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

AC merupakan pendingin ruangan yang saat ini sangat banyak di gunakan di berbagai rumah, kantor mall pusat Kesehatan dan lain-lain. Penggunaan AC ini tentunya sangat membantu pada ruangan. Sehingga ruangan akan selalu terasa sejuk dan segar. AC banyak sekali di gunakan di daerah-daerah perkotaan yang memiliki suhu yang panas. Sehingga jika kamu tidak menggunaan AC pada ruangan mu mungkin kamu tidak akan di buat nyaman di dalamnya.

Nah ngomong-ngomong tentang AC. Jika kamu memiliki AC di rumah tentunya kamu harus mengetahui perawatan-perawatan yang tentunya akan membuat AC rumahmu bisa bertahan lebih lama dan bisa bekerja dengan maksimal. Pada umumnya permasalahan yang sering di temukan atau yang sering terjadi Pada AC adalah terjadinya kebocoran terdahap Freon. Freon sendiri berfungsi sebagai sumber pendingin pada AC. Jika feron mengalami kebocoran tentunya rumahmu akan terasa lebih panas karena tidak mendapatkan suhu dingin yang maksimal, masalah lain selain hilangnya kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan ialah bisa menggangu Kesehatan penghuni rumah. Nah untuk lebih jelasnya yuk Kenali Tanda-Tanda freon kamu mengalami kebocoran.

 

Udara Yang di hasilkan kurang maksimal

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

Penyebab terjadinya kebocran pada Freon tentunya akan membuat udara dalam ruangan akan terasa kurang dingin. Mungkin saja jika kebocoran feron sangat parah ruangan sama sekali tidak akan mendapatkan suhu dingin dari AC. Jika masalah ini terjadi Ketika kamu sudah menyalakan AC namun tidak mendapatkan udara dingin dengan maksimal. Kamu bisa langsung mengecek feron pada AC rumahmu.

 

AC Akan Menghasilkan Udara Panas

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

archdaily.com

Karena fungsi feon sebagai sumber pendingin pada AC. Tentunya jika feron mengalami kebocroan maka udara yang di hasilkan AC akan kurang maksimal. Hal parah yang mungkin bisa saja terjadi adalah udara yang di hembuskan oleh AC malah akan terasa hangat. Bukan mendinginkan ruangan malah akan membuat ruangan tambah terasa panas tentunya ini akan membuat kamu dan keluarga menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu kamu bisa mengecek AC kamu dengan cara menyalakannya terlebih dahulu lalu arahkan tangan mu ke bibir AC , rasakan, jika kamu merasakan angin yang keluar dari AC terasa hangat maka ini pertanda Ada masalah freon yang mengalami kebocoran atau freon yang habis. Kamu bisa memanggil jasa ahli service AC terderkat untuk memperbaiki AC rumah mu agar bisa Kembali bekerja dengan baik. Sehingga aktivitas mu di dalam rumah tidak akan terganggu lagi.

 

Membutuhkan Waktu yang lama Untuk Membuat Ruangan Menjadi dingin

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

m.tribunnews.com

AC yang mengalami kebocoran freon biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa membuat ruangan menjadi dingin dan sejuk, pada umumnya AC hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk bisa membuat ruangan menjadi dingin. Jika kamu merasakan hal ini maka kamu bisa melakukan pengecekan pada freon rumah mu atau kamu bisa memanggil jasa service AC untuk mengecek permsalahan pada AC rumah mu.

 

Akan Menyebabkan Pemborosan listrik

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

blog.rumahdewi.com

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas tentang tanda-tanda yang bisa kamu rasakan jika feron rumah mu mengalami masalah. Nah meskipun AC masih bisa membuat ruangan menjadi sejuk namun ada usaha yang lebih ekstra Ketika AC menyala. Usaha ekstra tersebut tentunya membutuhkan energi yaitu penggunaan listrik yang lebih besar. Tentunya ini akan menjadi masalah loh. Karena tagihal listrik rumah mu akan membengkak. Oleh karna itu jika tanda-tanda di atas sudah kamu rasakan maka jangan malas untuk segera mengecek kondisi feron rumahmu agar kerugian bisa di atasi dari awal.

Terdapat gumpalan Es pada pipa AC

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

Frozen Pipe

Biasanya pertanda yang paling mudah untuk mendeteksi kerusakan freon adalah pertanda fisik yang bisa di lihat oleh mata telanjang yang terjadi pada pipa AC. Jika terjadi kebocoran biasanya akan terdapat gumpalan es pada pipa. Selain pada pipa. Gumpalan es juga di sertai kebocoran air yang terjadi pada evaporator unit AC jika feron mengalami kecocoran. Masalah ini di sebabkan oleh kondensasi yang tidak terkendali pada body indoor.

 

Bahaya Bagi kesehatan

Kenali Tanda-Tanda Freon Kamu Mengalami Kebocoran

Shutterstock.com

Masalah yang sangat di khuatirkan jika terjadinya kerusakan pada feron adalah masalah gangguan pada Kesehatan. Freon mengandung senyawa kimia yang di sebut ( fluorionated hydrocarbons) yang sangat berbahaya bagi Kesehatan. Akan ada beberapa gejala yang di sebabkan oleh kebocoran freon ini antara lain pusing-pusing, mabuk dan sesak nafas. Terlebih senyawa ini tidak terlihat dan tidak berbau jadi senyawa tersebut tidak bisa terdeteksi. Oleh karena itu kamu harus rutin melakukan pengecekan kelayakan pada AC rumah mu agar terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak di inginkan.

Sumber Referensi : beres.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


three + = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek