Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

therawarchitects.com

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

Atap merupakan komponen yang paling penting pada sebuah bangunan. Fungsi utama dari atap yaitu untuk melundungi bangunan dari berbagai  macam ancaman dari luar, seperti angin, hujan, panas dan lain-lain.  Ada banyak sekali bentuk atap yang digunakan pada bangunan, mulai dari atap limasan, pelana, datar, prisai, dan masih banyak lagi. Tentunya masing-masing bentuk atap memberikan nilai estetika yang berbeda-beda.

Kebanyakan bangunan di Indonesia lebih banyak menggunakan jenis model atap pelana, hal ini karena jenis atap ini memiliki bentuk yang simple. Jenis atap ini memiliki dua sisi miring yang ditopang oleh dinding berbentuk  persegitiga. Nah dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kelebihan Menggunakan atap pelana pada rumah hunian, mungkin ini cocok untuk kamu yang masih bingung menentukan jenis model atap yang akan digunakan untuk rumah hunian yang akan kamu bangun. Tanpa menunggu lama-lama, yuk langsung saja.

Memiliki Kemudahan Dalam Pemasangan

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

Ada beberapa jenis atap yang memerlukan proses pemasangan yang aga sulit. Namun tidak dengan atap pelana ini. Atap pelana memiliki bentuk yang sederhana, sehingga proses pemasangan atap ini tidak terlalu sulit. Selain itu pemasangannya bisa lebih cepat. Kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kemiringan pada atap pelana sesuai dengan model yang kamu suka. Kamu bisa menentukan derajat yang sesuai, bisa dibuat landau atau lenjulang lebih tinggi.

Bisa Menghemat Anggaran Bangunan

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

Jika kamu memiliki butget yang minim untuk membangun sebuah rumah hunian, kamu bisa memilih jenis atap pelana, karena jenis atap ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena pemasangannya lebih mudah dan cepat sehingga tidak menghabisakan biaya untuk membayar tukang untuk pemasangannya. Selain itu memiliki bentuk yang sederhana, sehingga tidak memerlukan bahan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis atap yang lainnya. sehingga dengan memilih jenis atap ini anggaran bangunan kamu bisa lebih diminimalisir.

Bisa Membuat Rumah Tetap Sejuk

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

Foto: iStock

Dengan kemiringan yang bisa di sesuaikan, penggunaan atap pelana akan membuat ruangan didalamnnya lebih sejuk. Sehingga akan membuat kamu dan keluarga tetap nyaman didalam ruangan meskipun cuaca sedang agak panas.

Lebih Minim Kebocoran

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, atap pelana memiliki dua sisi miring. Hal ini membuat jenis atap pelana memiliki resiko kebocoran yang lebih kecil. Selain itu atap pelana tidak memiliki pertemuan arah air yang berbeda sehingga ini memungkinkan air hujan bisa mengalir dengan bebas tanpa adanya hambatan.

Memiliki Area Kosong Yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Ruangan

Kelebihan Menggunakan Atap Pelana Pada Rumah Hunian

therawarchitects.com

Jenis atap pelana cocok untuk rumah minimalis. Hal ini karena strukrur atap pelana yang membentuk ruang kosong. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai ruangan, kamu bisa mengubah area ruang kosong tersebut menjadi ruang santai, ruang tidur dan bisa dimanfaatkan juga sebagai Gudang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


seven + = 14

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek