Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Kelebihan kekurangan kayu harbot atau particle board untuk furniture

kayu harbot

Kelebihan kekurangan kayu harbot atau particle board untuk furniture

Penggunaan elemen kayu pada rumah memang sudah tidak bisa di hindari lagi pada rumah era jaman sekarang. Karena kayu ini merupakan elemen yang bisa menyesuaikan dengan berbagai furniture. Selain itu kayu ini bisa menjadi pelengkap keindahan pada ruangan rumah. Ada banyak sekali elemen kayu yang bisa kita lihat pada rumah,  mulai dari kusen, pintu, jendela, meja, kursi furniture, dll poko nya banyak hehe.

Namun tahukah kamu apakah furniture atau barang-barang yang ada di rumah kamu semua terbuat dari kayu padat sungguhan?.. para era modern saat ini pengolahan kayu sudah semakin canggih. Ada banyak sekali furniture yang terbuat dari partkel board atau kebanyakan orang sering menyebut nya dengan kayu harbot. Nah penggunaan kayu harbot ini sudah banyak sekali di gunakan untuk bahan furniture seperti meja, kursi, lemari dan lain-lain. Nahh untuk lebih jelas nya dalam artikel ini kita sudah merangkum dari beberapa sumber mengenai kayu harbot ini. Untuk yuk langsung saja kita kenali kayu harbot kelebihan, kekurangan, bahan penyusun dan kegunaan nya.

Kelebihan kekurangan kayu harbot atau particle board untuk furniture

Apa Itu Kayu Harbot?

Kayu harbot adalah bahan padat yang terbuat dari kumpulan serbuk gergaji yang sudah di padatkan dengan tekakan dan suhu yang tinggi dan melibatkan proses kimia untuk menghasilkan bahan yang kuat untuk dijadikan sebagai bahan furniture yang kita kenal skarang seperti kursi, meja, lemari dan lain-lain. Jenis kayu ini juga memiliki bentuk yang beragam sehingga bisa dijadikan untuk membuat berbagai bentuk furniture untuk kebutuhan rumah.  Kamu juga bisa menggunakan kayu harbot untuk membuat kitchen set.

Jika di lihat dari proses pembuatan nya jenis kayu harbot memiliki biaya produksi yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kayu mekanis lainnya seperti kayu MDP, Teakblok atau multiplek yang terbuat dari serpihan papan kayu.  Karna kayu harbot terbuat dari serbuk gergaji maka harga nya lebih murah.

Kelebihan dan kekurangan

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan jika kamu akan mengguanakan jenis kayu harbot untuk keperluan ruamh kamu. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan jenis kayu ini di harapkan bisa menjadi informasi yang bisa membantu kamu jika kamu masih bingung akan menggunakan jenis kayu ini.

Berikut adalah kelebihan jenis kayu harbot yang pastinya berbeda dari jenis kayu mekanis lainnya.

 

  • Kamu akan mudah menemukan jenis kayu ini karena penyebaran nya sudah merata di Indonesia jadi ketika kamu akan menggunakan jenis kayu ini tidak takut kesulitan untuk mencari nya.
  • Jenis kayu harbot merupakan jenis kayu yang hemat kantong sehingga dengan menggunakan kayu ini jenis furniture akan menjadi lebih murah.
  • Memiliki bobot lebih ringan jika di bandingkan dengan jenis kayu lain.sehingga jika kamu menggunakan jenis kayu ini tentu furniture akan lebih plexible bisa di pindah-pindah tanpa kuatir mengenai bobot nya.
  • Mudah dibentuk, mudah dalam pengerjaan dan mencapai berbagai bentuk furniture yang presisi
  • Mudah untuk di finishing, jenis kayu ini sudah di cetak dengan ukuran yang pas dan presisi dan juga memiliki permukaan yang datar sehingga siap untuk di finishing
  • Sudah tersedia dalam stok yang sangat memadai jika akan di pakai untuk produksi skala besar

Setelah kita mengetahui beberapa kelebihan di atas. Selanjutnya kita akan menjelaskan kekurangan yang di miliki kayu harbot ini.

  • Hindari tempat yang lembab ketika ingin meletakan jenis kayu ini. Karena kayu harbot merupakan jenis kayu yang tidak tahan terhadap air. Jika di biarkan di tempatkan yang lembab maka jenis kayu ini akan mudah rapuh dan rusak.
  • Jika kita lihat dari umur nya. Jenis kayu ini memiliki umur yang kurang tahan lama apalagi jika kamu menempatkan nya di tempat yang lembab.
  •  Dilihat dari umur pemakaian sebenarnya kayu harbot kurang tahan lama apalagi ditempatkan dalam lingkungan lembab
  • Dilihat dari segi kekuatan, kayu harbot adalah yang paling rapuh dan mudah hancur sehingga kurang cocok digunakan untuk struktur utama
  • Jika kamu ingin menggunakan jenis kayu ini sebagai struktur utama maka kami tidak menyarankan nya karena jenis kayu ini memikiki kekuatan yang kurang maksimal.

 

Penggunaan Jenis kayu Harbot

Jenis kayu harbot banyak sekali kita temui di daerah-daerah Indonesia, biasanya di jual dalam bentuk papan kayu dengan ketebalan 9mm atau 12mm.  dalam satu lembar kayu harbot biasanya di memiliki ukuran 240 cm x 120 cm. untuk memotong jenis kayu ini bisa menggunakan gergaji khusus agar permukaan kayu tidak membuat permukaan kayu hacur.

Melakukan finishing pada jenis kayu harbot tidak cocok jika di lakukan menggunakan cat atau di beri pernish.  Finishing kayu harbot lebih cocok jika menggunakan veneersheet yang lebih baik dan lebih murah serta lebih efesien dalam pengerjaannya. Selain itu lapisan HPL atau vinyil juga cocok jika di gunakan untuk melapisi kayu harbot agar bisa terlihat lebih serasi.

Pada lapisan finishing kayu harbot biasanya menggunakan lem kayu atau perekat untuk bisa menempel. Selain bisa memperindah tampilan kayu harbot, lapisan finishing seperti veneersheet juga bisa membantu kayu harbot terlindung dari kelembapan.

 

Sumber Referensi : arsitur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek