Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Kebutuhan Ruang di Rumah Mungil

Jenis aktivitas yang sering dilakukan mempengaruhi fungsi dari jumlah ruang yang dibutuhkan di dalam sebuah hunian termasuk pula rumah mungil. Harus disadari bahwa tidak semua jenis aktifitas dapat diwadahi dalam ruang-ruang tersendiri secara khusus di dalam rumah mungil. Dengan jumlah dan ukuran ruang yang berbeda, harus dipilih jenis-jenis aktivitas tertentu  yang dianggap penting bagi penghuni rumah. Dengan begitu akan diperoleh ruang-ruang yang efektif.

Beberapa jenis aktivitas yang dipandang tidak terlalu prioritas dapat digabungkan atau dihilangkan sama sekali.Hal ini harus dilakukan agar diperoleh interior yang benar-benar dapat memberikan kenyamanan. Beberapa ruang berikut sebaiknya harus dimiliki oleh sebuah rumah meskipun rumah tersebut berukuran mungil :

* Kamar tidur

*Ruang duduk

* Dapur dan ruang makan

* Kamar mandi.

Dari daftar kebutuhan ruang yang sudah direncanakan dapat diputuskan fungsi ruang mana yang akan digabung.Ruang tersendiri dapat disediakan untuk kegiatan yang dianggap sangat penting.  Selain itu harus dipertimbangkan pula layout ruanganyang efektif . Alur sirkulasi merupakan jalur pergerakan yang dilewati penghuni saat berpindah dari satu ruang  ke ruang lain. Jalur sirkulasi linear yang simpel merupakan pilihan  praktis untuk susunan ruang yang memanjang karena dapat menghemat ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one + 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek