Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Kebocoran Pada Dak beton

Dak beton yang mengalami kerusakan umumnya disebabkan oleh beberapa hal yaitu adanya keretakan pada dak beton itu sendiri, absorpi beton yang tinggi sehingga kurang kedap air, adukan cor beton yang tidak sempurna sehingga masih terdapat bagian coran yang tidak padat, serta ketebalan coran kurang mencukupi.

Untuk mengatasi kerusakan dak beton tersebut yaitu dengan terlebih dahulu mencari penyebab utama kerusakannya. Bila kerusakan disebabkan oleh tekanan  maka dak beton yang bocor cukup dilapisi dengan waterproofing. Namun bila sumber kerusakan tidak diketahui maka sebaiknya seluruh bagian dak dilapisi acian, campuran semen dan pasir.

Langkah yang diperlukan :

- Bersihkan permukaan dak dari kotoran, atau lumut dengan menggunakan sikat kawat dan kape sekrap.

- Lakukan pengolesan waterproofing pada sudut pertemuan permukaan dak beton dengan dinding yang retak. Untuk olesan tahap pertama sebaiknya waterproofing dicairkan dengan 10% air.

- Saat olesan waterproofing masih dalam keadaan basah , tempelkan serat fiber sambil ditekan dan olesi kembali dengan waterproofing ke bagian permukaan serat yang baru ditempelkan.

- Ulangi pelapisan fiber dengan arah menyilang setelah lapisan pertama kering.

- Untuk mencegah kerusakan lapisan waterproofing yang baru dikerjakan sebaiknya dak beton dilapisi dengan plesteran adukan semen yang dicampur dengan cairan waterproofing  setebal 3-5 cm. Perbandingannya 1 kg waterproofing  : 5 liter air  : 8 kg semen : 24 kg pasir bersih kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ six = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek