Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Karakter Kayu

Karakter Kayu - Sebelum memilih kayu sebagai elemen rumah pada pintudan jendela sebaiknya kita pahami dulu beberapa hal :

* Bobot kayu akan mempengaruhi berat dan kekuatan kayu. Untuk model dan menampilkan kesan besar dan megah memang bobot kayu kadang diabaikankarena biasanya sudah dipertimbangkan kusen dan engsel yang sesuai dengan beban yang ditanggungnya.

* Tekstur kayu ada yang seperti retak dan pecah-pecah. Ini sebaiknya tidak digunakan untuk dan pintu dan jendela karena akan mengurangi keindahannya.

* Warna yang semakin gelap menunjukkan kualitasnya  semakin baik. Warna dipengaruhi oleh umur, tempat dan kelembaban udara di mana pohon itu tumbuh.

* Muai susutkayu akan mengakibatkan masalah seret, melintir atau merenggang. Kayu yang memiliki sifat muai susut tinggi tidak cocok  digunakan untuk daun pintu.

* Serat halus terbentuk apabila pembuluh dan sel-selnya membentang searah sumbu batang. Sedang serat melintang jika arah bentangan  pembuluh membentuk  sudut terhadap sumbu batang pohon.

* Kekerasan berhubungan dengan ketebalan dinding, makin tebal dinding  serat makin keras kayu. Cara menentukannya dengan menyayat kayu dengan dengan arah tegak lurus. Kayu keras sulit disayat dan bekas sayatannya tampak mengkilat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + = 18

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek