Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jika Balkon Rumah Menghadap Ke Barat, Ini Dia Solusinya

balkon-rumah-menghadap-barat-ini-dia-solusinya-2-696x464

Ketika tinggal di dalam hunian berlantai dua yang memiliki balkon, tentunya banyak dari kalian yang suka menyendiri atau merenung di sana. Tapi gimana jadinya jika posisi dari balkon rumah yang menghadap ke arah barat? Nih, kita kasih solusi soal menghadapi balkon rumah menghadap barat!

Balkon rumah menghadap barat diselesaikan dengan banyak menanam pohon

Ketika balkon rumah menghadap barat tentu terasa panas ketika sudah memasuki sore hari, saat matahari akan tenggelam. Nah, tentu sudah bukan rahasia umum lagi kalau utama dari pohon adalah menyerap sinar matahari saat fotosintesis.

Maka dari itu, penanaman pohon dan berbagai jenis bunga untuk taman sangat direkomendasikan pada rumah tinggal dengan posisi menghadap barat. Maksimalkan area barat dengan penataan pohon-pohon teduh. Hal ini dapat membantu menghalau sinar matahari terik, terlebih pada siang hari.

Memanfaatkan tanaman rambat

Cara ini sebenarnya masih serupa dengan cara menanam pohon. Namun pemanfaatan tanaman rambat lebih menghemat luasan dan sangat cocok digunakan pada, rumah tinggal atau balkon rumah yang tidak memiliki lahan terlalu luas.

Selain itu terdapat berbagai macam tanaman rambat hias yang dapat kita gunakan. Selain dapat mengurangi intensitas cahaya di dalam ruangan, tanaman rambat juga dapat memberikan dampak signifikan pada tampilan balkon rumah menghadap barat ini.

Menggunakan secondary skin pada bagian fasad rumah

Penggunakan secondary skin untuk menghalau sinar matahari memang hal yang umum dilakukan, terlebih pada rumah menghadap ke arah barat. Salah satu contoh secondary skin yang dapat digunakan adalah kisi-kisi.

Hebatnya meskipun dapat menghalau sinar matahari di area balkon rumah, kisi-kisi masih memiliki celah yang memungkinkan udara masuk ke dalam ruangan kok. Jadi ga membuat rumah jadi terlihat penuh dan pengap gitu.

Memperpanjang bagian teritisan atap rumah

Selain dengan menata ruangan, cara lain yang dapat  dilakukan adalah dengan memperpanjang bagian teritisan pada bagian atap rumah. Teritisan pada perumahan biasanya memiliki standar lebar sekitar 60 cm dari dinding. Namun untuk kasus rumah menghadap barat, Sobat bisa memanjangkannya hingga 1,2 – 1,5 m.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek