Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jenis Sekat dan Partisi

Sekat dan partisi hadir dalam banyak model . Keragaman ini akibat dari kebutuhan ruang yang berbeda. Ruang tertentu butuh sekat dan partisi setinggi plafon demin menciptakan batas ruang yang  dominan sementara ruang lain justru hanya membutuhkan partisi  dan sekat untuk menciptakan perbedaan rasa ruang.

Ruang permanen : Rancangan sekat permanen biasanya dibuat bersamaan dengan rencana desain bangunan. Letak, posisi dan detail  ukuran hingga arah dan fungsinya sudah direncanakan secara mendetail sehingga kehadirannya dalam ruang benar-benar membatasi dan memisahkan ruang. Kelebihan memakai sekat ini adalah anda mendapatkan tampilan ruang yang selaras dan punya bennag merah yang sama. konsep keseluruhan ruangpun menyatu . Kekurangannya anda harus membongkar  dan menggantinya jika bosan atau ingin mengganti konsep ruang.

Non permanen : Sekat dan partisi ini fleksibel dan mudah dipindah-pindahkan . Biasanya ringan, ukuran dan bentuknyapun kompak  sehingga mudah diangkat  atau dipindahkan . Sehingga fungsinyapun kerap kali berubah.

Masif : sekat dan partisi yang berfungsi sebagai penutup atau pembatas ruang yang menampung kegiatan berprivasi tinggi  seringkali dipilih yang masif dengan tujuan menghindari terganggunya kegiatan yang mewadahi. Bentuk dan jenis sekat ynag masif meminimalisasi kemungkinan bocornya tampilan bai ksecara visual maupun audio.Bila prioritas utama anda adalah sekat dan partisi  masif yang berfungsi sebagai peredam suara, pakailah material yang kedap suara. Tentukan daya serap yang paling sesuai dengan kebutuhan privasi anda.

Transparan : rasa ruang yang menyatu dan cair dapat terwujud dengan meniadakan batas. Kaca adalah material yang paling cocok sebagai pembentuk sifat transparan dalam ruang. Kehadiran batas kaca memungkinkan ruang dibuat dengan alur sirkulasi yang menerus dan menyatu. Andapun bisa mengetahui yang terjadi di runag lain. Fungsi ini cocok bagi anda yang memiliki anak kecil di dalam rumah. sehingga kontrol di rumah bisa lebih mudah dilakukan.

Semitransparan : membutuhkan perlindungan , tertutup namun tetap tembus matahari dan bisa untuk sekedar mengintip kondisi luar. Material kisi – kisi kayu merupakan salah satu metode desain yang menghasilkan penyekat ruang berkesan semi transparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek