Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

littlebutloud.com.au

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

Siapa sih yang tidak mengenal bahan bangunan yang tak kalah penting ini. Paku merupakan logam keras yang mempunyai ujung runcing. Ujung runcing tersebut berfungsi untuk mempermudah menembus benda yang akan di sambungkan. Paku umumnya di tembuskan pada benda menggunakan palu. Biasanya dalam bangunan paku berfungsi untuk menyambungkan kayu yang terpisah.

Penggunaan paku juga digunakan pada beberapa furniture seperti kursi, meja, lemari, rak-rak buku dan lain-lain. Tentunya penggunaan paku sangat berperan penting dalam dunia bangunan. paku pada bangunan tentunya sangat beragam. Namun hanya ada beberapa jenis paku yang sering digunakan pada bangunan. Apa sajakah itu? Berikut adalah jenis-jenis paku yang sering digunakan pada bangunan rumah.

Paku Kawat Baja

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

moderndesigns.ie

Paku kawat baja merupakan jenis kayu yang sering digunakan untuk material balok. Jenis kayu ini memiliki goresan atau grid yang berfungsi untuk menahan tekanan pada saat proses pemakuan. Leher pada paku ini memiliki permukaan yang kasar. Hal ini berfungsi untuk daya cerngkram yang lebih kuat. Paku kawat baja memiliki beberapa jenis, seperti paku usuk, paku ternit, paku reng dan paku triplek.

Tentunya dari perbedaan jenis tersebut paku ini memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya

Paku Bengkirai

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

Memiliki tampilan yang hampir sama dengan paku pada umumnya. Jenis paku ini biasanya digunakan untuk memaku permukan kayu yang lebih keras, sepertifiam, beringkai dan gelugu. Paku beringkai terdiri dari campuran besi dan baja yang dilapisi dengan galvanis. Jenis paku ini juga sering digunakan untuk memaku kusen pintu dan jendela.

Paku Beton

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

lazada

Sesuai dengan Namanya, paku beton merupakan paku yang diperuntukan untuk melubangi beton. Paku beton yang berkualitas biasanya memiliki warna yang lebih putih. Dan paku beton yang memiliki kualitas yang setandar memiliki warna hitam. Paku beton putih memiliki ukuran kisaran 2,5 cm sampai 12,5 cm, sedangkan pada paku beton hitam memiliki ukruan 3cm sampai 7cm. dari sergi harga paku ini di bandrol kisaran 10,000 sampai 30,000.

paku ini digunakan untuk memaku permukaan beton yang keras. Biasanya Paku ini ditancapkan setengah untuk menggantung benda-benda seperti lukisan atau bingkai foto agar bisa menempel pada dinding beton.

Paku Kayu

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

littlebutloud.com.au

Paku kayu merupakan jenis paku yang digunakan untuk menyambungkan kayu. Jenis paku ini tentunya terbuat dari bahan kayu. Paku kayu tidak diperuntukan untuk memaku tembok atau beton karena ini tidak kuat untuk melubangi tembok atau beton. Jenis paku ini biasanya berukuran 2 sampai 10 cm.

Dalam penggunaannya paku kayu banyak digunakan untuk menyambungkan furniture-furniture berbahan kayu. Di Indonesia sudah banyak menjual jenis paku ini. Biasanya paku ini di jual perkilogram nya dengan harga antara 15 sampai 18 ribu. Tentunya harga tersebut akan berbeda di masing-masing daerah.

Paku Triplek

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

webkuli.com

Paku triplek merupakan jenis paku yang digunakan untuk memaku tripkel, tak hanya itu paku ini juga biasnaya digunakan untuk memaku grc pada plafon.  Memiliki tampilan yang hampir sama dengan jenis paku pada umumnya, namun memiliki bentuk yang lebih kecil.  Paku ini dibuat kecil agar pemasangan triplek bisa lebih mudah dan rapih sehingga tidak menembus ke permukaan kayu.

Untuk harganya paku teripkel bungkusan dijual di toko online dengan harga Rp 1.000 dengan ukuran 2cm, 3cm, dan perkilogram nya dijual dengan harga Rp. 25.000.

Paku Seng

Jenis-Jenis Paku Yang Sering Digunakan Pada Bangunan Rumah

indoteknikcom.odoo.com

Paku seng memiliki bentuk seperti paying. Biasaya paku ini digunakan untuk memaku lembaran seng, asbes, dan fiber. Jenis paku ini mempunyai penahan seperti payung pada ujung atasnya. Sehingga benda yang di paku akan tertahan dengan erat.  Jenis paku ini biasanya berukuran 7 sampai 10 centimeter.

Di pasaran biasanya paku ini dijual perkilogram dengan harga 28,000 sampai 34,000 rupiah. Harga tersebut kami dapatkan dari update November 2020. Jenis paku ini juga sudah pasti tersedia di berbagai toko bangunan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 + three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek