Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jenis-Jenis Kayu Yang Paling Cocok Untuk Membuat Kursi Rumah

tokopedia.com

Jenis-Jenis Kayu Yang Paling Cocok Untuk Membuat Kursi Rumah

Sudah sangat sering kita membahas berbagai macam jenis kayu, mulai dari kelebihan dan kekurangan nya, mengingat ada banyak komponen yang bermaterialkan kayu pada sebuah rumah, mulai dari kursi, meja, lemari, rak buku, furniture, pintu, kusen, jendela, bingkai foto dan lain-lain. Ada banyak sekali  bukan.  Namun dalam artikel ini kita akan fokus membahas berbagai jenis kayu yang cocok digunakan sebagai bahan membuat kursi.

Pada dasar nya memang hampir semua jenis kayu bisa di gunakan untuk membuat keursi, namun jika sembarangan memilih kayu maka hasil dan tampilan nya pun tidak akan maksimal. Selain itu pemilihan jenis kayu pun menentukan harga dan kualitas kursi. Kursi dengan bahan kayu jati tentunya lebih mahal jika di banding dengan kursi dengan kayu lainnya. Karena jenis kursi dengan kayu jati pastinya memiliki ketahanan dan tampilan yang lebih istimewa.

Untuk lebih jelas nya mengenai jenis kayu yang cocok untuk pembuatan kursi, yuk simak artikel di bawah ini.

Jenis Kayu Jati

Jenis-Jenis Kayu Yang Paling Cocok Untuk Membuat Kursi Rumah

blanja.com

Yang pertama tentunya yang akan kita bahas adalah kayu yang memiliki kualitas unggul yang memiliki harga yang sangat mahal. Jenis kayu jati masih menjadi primadona bagi sebagian kalangan pecinta furniture kayu di Indonesia. Selain memiliki harga yang mahal jenis kayu ini memiliki karakter yang keras dan sangat awet dan memiliki pola serat dan teksture yang indah sehingga bisa menampilkan kesan yang lebih elegan dan mewah tak aneh jika jenis kayu ini menjadi kayu dengan kualitas paling unggul.

Kayu jati juga memiliki kelebihan lain, yaitu memiliki kandungan minyak kayu jati yang bisa membuatnya tahan terhadap jamur, serangga, rayap dan jenis hewan kecil lainnya. Janis kayu ini sangat cocok di jadikan sebuah kursi yang bisa kamu letakan di ruang tamu maupun ruang santai, Karena memiliki serat dan corak kayu yang indah tentunya hasil kursi dari kayu ini akan tampak lebih menawan dan tampak indah.

 

Jenis Kayu Mahoni

Jenis-Jenis Kayu Yang Paling Cocok Untuk Membuat Kursi Rumah

tokopedia.com

Selanjutnya adalah  jenis kayu mahoni. Jenis kayu ini bisa di bilang kayu terbaik kedua yang biasanya dipakai untuk material furniture. Jika dibandingkan dengan kayu jati tentunya kayu mahoni memiliki harga yang lebih murah, meskipun harganya yang murah jenis kayu ini memiliki kualitas yang baik pula. Kayu mahoni banyak dipakai oleh para mengrajin kayu untuk membuat berbagai macam aneka furniture rumah.  Karena memiliki teksture yang cukup halus Janis kayu ini juga sering di gunakan untuk membuat body pada gitar. Memiliki serat yang indah dan corak merah membuat nya memiliki ciri khas yang bisa membuat furniture lebih terlihat indah. Tentunya pembuatan kursi dengan jenis kayu mahoni akan membuat kursi terlihat lebih indah dan stylus.

 

 

Jenis Kayu Pinus

Jenis-Jenis Kayu Yang Paling Cocok Untuk Membuat Kursi Rumah

pinus

Jenis kayu pinus sering kita temui di Indonesia terutama pada daerah pegunungan. Selain memiliki pohon yang biasanya di gunakan untuk penghias jalanan dan taman rumah, kayu pohon pinus bisa digunakan untuk dasar pembuatan kursi.  Jika kamu ingin memiliki furniture dengan bahan kayu jati namun memiliki butget yang minim. Kamu bisa memilih jenis kayu pinus. Karena jika dilihat dari motif dan teksture keduanya hampir mirip .

memiliki teksture yang halus dan mudah untuk di oleh serta harga nya yang lebih murah. Janis kayu ini juga sangat laku di pasaran. Namun hal yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin membeli furniture ini adalah kekurangan nya yang tidak tahan terhadap jamur dan cuaca yang lembab  seingga akan mudah lapuk oleh jamur jika kamu tidak merawatnya dengan baik.  Jenis furniture kayu ini cocok di tempatkan di dalam ruangan yang kering agar lebih aman dan awet.

 

Jenis Kayu Akasia

Jenis-Jenis Kayu Yang Paling Cocok Untuk Membuat Kursi Rumah

Jenis kayu selanjutnya adalah kayu akatsia. Jenis kayu ini banyak digunakan oleh para pengrajin untuk membuat berbagai jenis furniture seperti kursi, meja, pintu dan lain-lain. Kayu akasia memiliki teksture yang secara tampilan mirip dengan jenis kayu jati. Karena memiliki Teksture yang sangat kuat tak aneh jenis kayu ini termasuk dalam daftar salah satu kayu yang banyak di buru.

Jenis kayu akasia memiliki kelebihan yaitu bisa tahan terhadap serangan serangga karena tingkat kekerasan teksture nya cukup tinggi. Namun tidak terlepas dari itu jenis kayu ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa tahan terhadap suhu udara yang lembab kareba bisa menyebabkan tumbuhnya jamur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


nine + 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek