Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jenis-jenis kayu yang cocok untuk Mempercantik Exterior

in.all.biz

Jenis-jenis kayu yang cocok untuk Mempercantik Exterior

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik rumah kamu terutama pada ruangan exterior rumah. kamu bisa menggunakan batu alam atau berkolaborasi dengan warna cat rumah. namun cara yang cukup bagus untuk mempercantik exterior kamu yaitu dengan menambahkan kayu sebagai pengganti batu alam.

Dengan menambahkan unsur kayu pada ruangan exterior kamu tentunya akan menambah suasana tampak luar yang lebih elegan dan alami. Namun tidak semua jenis kayu bisa di gunakan pada bagian luar rumah. mengingat bagian luar rumah akan terpapar dari sinar matahari, hujan dan berbagai jenis hewan seperti rayap dan serangga pengerat . Nah dalam artikel ini kita akan membahas cara memilih jenis kayu yang cocok untuk exterior rumah. yuk langsung saja. 

Kayu Jati

Jenis kayu yang satu ini sangat di minati oleh banyak kalangan di Indonesia. Jenis kayu jati ini merupakan jenis kayu dengan kualitas terbaik jika di bandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Karaktristik kayu ini  memiliki warna kecokelatan dengan serat yang membentuk tekstur unik.

Selain itu jenis kayu jati sampai saat ini menduduki peringkat  kayu yang paling kuat. Kayu jati tumbuh sangat lambat dan butuh proses yang lama untuk memanen nya. Sementara di pasaran banyak sekali peminatnya. Itulah kenapa jenis kayu ini mempunyai harga yang sangat mahal dibanding dengan jenis kayu yang lain.

Kayu jati paling banyak tumbuh di kepulauan jawa. Seperti jawa barat, jawa tengah dan jawa timur. Dan di luar jawa biasanya di temui di derah lampung. Ternyata di setiap daerah jenis kayu ini memiliki kekuatan yang berbeda-berada. Kayu yang paling kuat dan di anggap terbaik yaitu jenis kayu yang berasal dari jawa timur dan mempunyai harga yang terbilang lebih mahal. Perbedaan kualitas ini tentunya berasal dari perbedaan kandungan jenis tanah yang ada di setiap daerah.

 

Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan jenis kayu yang memiliki bahan yang keras . oleh karena itu kadang kayu ulin di sebut juga sebagai kayu besi. Jenis kayu ini sangat cocok di gunakan di bagian luar rumah. karena semakin sering terkena basah maka jenis kayu ini akan terlihat sangat bagus. Dan jenis kayu ini juga tidak perlu membutuhkan perewatan yang lebih.

Kayu ulin memiliki kekurangan yaitu memiliki teksture garis yang tidak terlalu terlihat. Selain itu jenis kayu ini terkadang terdapat retakan-retakan rambut pada permukaannya.

 

Kayu Merbau

Jenis kayu selanjutnya adalah kayu merbau. Jenis kayu ini mempunyai kualitas yang hampir sama dengan jenis kayu jati loh!. Dan harga jual nya pun tidak jauh berbeda dengan jenis kayu jati.  Kayu merbau mempunyai karakteristik warna kayu yang coklat dengan sedikit warna merah dan kuning. Dan ada juga kayu merbau yang mempunyai warna yang kehitam hitaman.

Kayu merbau memiliki tekstur garis lurus yang terputus-putus. Jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang perlu perwatan yang lebih. Dan proses pengolahan nya pun terbilang membutuhkan usaha yang cukup ekstra.

 

Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai atau orang sering menyebutnya dengan nama kayu balau. Kayu asal Kalimantan ini memunyai serat kayu yang berbrntuk Panjang dan lurus. Karakteristik wanra kuning keciklatan inti kayu ini memiliki warna yang lebih gelap dobandingkan bagian yang dekat dengan permukaan.

Jenis kayu bengkirai mempunyai harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kayu jati dan kayu ulin. Jenis kayu ini mempunyai kelebihan yaitu  termasuk kayu yang paling getas. Oleh karena itu, tidak jarang ditemukan retak rambut setelah dikeringkan. Karena kayu ini mempunyai permukaan yang lebih keras sehingga banyak yang menggunakannya untuk dek di ruang luar.

 

Kayu Damar Laut

Yang terakhir adalah jenis kayu damar laut. Jenis kayu ini memiliki karakteristik tampilan yang mirip dengan kayu bengkirai. Memiliki serat yang lurus atau terpilin selain itu jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang keras. Jenis kayu damar laut ini mempunyai proses pengolahan yang lumayan termasuk sulit. Karena mempunyai karakteristik yang keras. Dari sisi harga jenis kayu ini lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kayu bengkirai.

Kayu damar laut yang baru di olah memiliki warna yang kuning kecoklatan. Jika semakin lama di taruh di luar ruangan maka warna nya akan semakin gelap.

 

—————————————————————————

Butuh jasa Arsitek dan desain rumah Profesional yang sudah berpengalaman?
arsitek77 siap membantu kamu untuk mewujudkan rumah impian kamu.
kamu bisa hubungi kami di nomor
(0813-1658-8088)
(0878-734-62888)

lihat beberapa desain rumah yang sudah kami kerjakan di link ini

Tags :

arsitek jakarta, arsitek bogor, arsitek bekasi, arsitek depok, jasa arsitek jakarta, jasa arsitek bogor, jasa arsitek bekasi, jasa arsitek depok, jasa desain arsitek, desain arsitek,desain arsitek jakarta, desain arsitek bogor, desain arsitek depok, desain arsitek bekasi, jasa arsitek77, jasa arsitek bogor, jasa kontraktor bangunan, desain rumah murah, jasa renovasi rumah dan bangunan rumah, rumah minimalis, Desain Rumah Arsitek77, Desain arsitek paling murah

Sumber Referensi : Rumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek