Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Jalan Setapak

Jalan setapak pada taman berfungsi sebagai akses yang menghubungkan satu area aktifitas dengan area lainnya. Fungsinya yang sederhana ini dapat dijadikan daya tarik bila dikemas dengan lebih kreatif.

Beragam cara dapat dilakukan berkat kreatifitas yang dapat diterapkan pada pembuatan jalur setapak ini. jalur jalan setapak ini dapat dibentuk dari pola yang paling simpel dan lebih mengutamakan fungsi sampai bentuk yang memberikan nilai tambah pada keindahan visual. Jalur jalan setapak biasanya dirancang dengan menyusun secara teratur setiap satuan pijakan dalam satu komposisi tertentu. Pola susunan tersebut secara fungsional menghubungkan akses ke segala arah pada taman.

Kreatifitas pertama dapat dilakukan dengan mengolah bentuk satuan pijakan. Biasanya pijakan untuk jalan setapak dibuat dari bahan masif yang tahan menahan beban dan tahan terhadap pengaruh cuacadi luar ruang. Materi batu alam atau campuran batu dan semen yang dicetak merupakan bahan yang sering digunakan. Batu paras putih berpola bundar, digrafir, dengan motif bervariasi yang menggambarkan pola-pola daun, ataupun pola tidak teratur dan geometris. Setiap pijakan dikombinasi dengan pijakan lain yang pola grafirnya berbeda sehingga lebih memberi variasi dari dinamika.

Kreatifitas kedua dapat diterapkan pada saat penyusunan pola satuan setapak. Pola susunan yang serba geometris memberi kesan formal dan biasanya  diterapkan pada taman rumah bertema modern minimalis yang bergaris tegas. Sebaliknya pola acak atau pola lengkung berkesan alamiah dan sering dipadukan dengan taman tropis yang melengkapi rumah bergaya tropis.

Memadukan batu setapak dengan tanaman merupakan satu bentuk kreatifitas yang banyak dilakukan untuk menghasilkan komposisi yang berkesan menyatu dengan taman. Batu setapak tersebut dikombinasi dengan tanaman ground cover beragam jenis yang memberi kesan kontras dan menonjolkan karakter batu setapak. Kucai kerdil, kacang-kacangan , dan kaktus kodok yang daunnya berwarna hijau muda mencolok dikombinasikan dengan batu templek hitam sehingga terlihat kontras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek