Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Inilah Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

jasa arsitek bogor

Inilah Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

Rumah merupakan tempat untuk berlindung dan beristirahat. Ketika beristirahat tentunya kita ingin mendapatkan ketenangan tanpa adanya gangguan. Masalah yang harus di indari dari kerusakan rumah adalah kebocoran. Kebocoran pada atap rumah bisa membuat perabotan dan alat-alat yang di dalammnya menjadi rusak. Ada banyak sekali kerugian jika kamu membiarkan atap dalam keadaan bocor. Meskipun kebocoran kecil. Pastikan untuk sigap untuk memperbaiki kebocoran tersebut.

Nah dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas beberapa penyebab yang sering terjadi pada atap rumah yang bocor, apasajakah penyebab tersebut. Yuk langsung saja

 

Atap yang rusak

Inilah Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

Penyebab kebocoran yang sering terjadi adalah rusaknya pada atap. Umumnya kebanyakan atap yang di gunakan di Indonesia adalah atap yang terbuat dari tanah liat dan kadang di lapisi dengan pernis. Dan ada juga yang menggunakan jenis atap yang berbahan asbes. Jenis atap tersebut sebenar nya bisa bertahan lama dan bisa melindungi rumah dari hujan dan paparan terik matahari. Namun penggunaan yang terlalu lama tanpa adanya penggantian atap tentu saja atap akan mudah rusah dan kropos karena kondisi cuaca.

Nah jika kamu mendapati atap yang bocor maka kamu bisa mengecek titik kebocoran dan cek pada atap. Jika atap rumah mu retak atau rusak maka segeralah ganti dengan yang baru agar kebocoran bisa di atasi. Ada banyak sekali kerugian yang di sebabkan kebocoran pada rumah. Peratama warna cat plafon mu akan menghitam dan berbekas . tentunya ini akan membuat tampilan estetika pada rumah akan berkurang. Selain plafon tentunya barang-barang yang di dalamnya yang kecipratan air akan rusak apalagi alat-alat elekrtonik. Jika keborocan terdapat di samping dan tekena dinding. Maka cat dinding kamu akan mudah untuk mengelupas serta membuat kekuatan tembok akan berkurang.

Pemasangan genteng yang tidak tepat

Inilah Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

Penyebab selanjutnya yang membuat atap rumah bocora adalah pemasangan yang salah. Nah pemasangan yang tidak tepat akan menghasilkan sela-sela yang bisa saja menjadi lubang untuk air bisa masuk kedalamnnya . selain itu pemasangan yang tidak tepat akan membuat genteng mudah untuk bergeser. Tentu hal ini harus di perhatikan saat melakukan pemasangan. Bisa saja pada saat pemasangan genteng, si tukang kurang focus dalam memasang. Jika terjadi kebocoran pada atap. Seperti biasa kamu harus sigap untuk mengecek nya. Bisa saja atap bergeser sehingga membuat air masuk . cukup perbaiki posisi genteng dengan benar.

Jika kamu tidak mengerti atau tidak punya waktu untuk memperbaiki kebocoran tersebut maka, kamu bisa memanggil tukang untuk segera di perbaiki.

 

Kemiringan yang tidak sesuai

Inilah Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

Penyebab berikutnya adalah kesalahan dalam menentukan kemiringan pada atap rumah. Kemiringan yang tidak sesuai tentunya akan membuat atap mudah untuk mengalami kebocoran karena genteng akan mudah untuk bergeser. Selain kesalahan dalam pemasangan yang tidak sesuai. Kemiringan juga bisa membuat genteng bergeser.

Memperhatikan desain atap agar kemiringan bisa sesuai dengan untuk bisa mengalirkan air hujan dengan lancer saat hujan. Kemiringan atap yang terlalu landau akan membuat ari tidak akan tercurah ketanah dengan cepat.

Kemiringan atap yang di rekomendasikan adalah dengan sudut kemirinagn 30 sampai 40 derajat. Agar air bisa mengalir dengan mudah dan tidak akan membuat posisi genteng tidak terganggu.

 

Sampah-sampah organic yang menumpuk

Inilah Penyebab Kebocoran Pada Atap Rumah

Tahukah kamu semakin lama bangunan berdiri akan membuat atap menjadi kotor oleh sampah-sampah organic seperti dedaunan yang terbang dan hinggap di atap rumah mu. Lama kelamaan tentunya akan menumpuk sehingga membuat aliran air Ketika hujan menjadi tidak lancar, sampah yang menumpuk akan menghasilkan genangan air dan membuat genteng menjadi cepat kropos sehingga bisa menimbulkan keretakan yang nantinya akan berujung pada kebocoran. Oleh karena itu rajinlah untuk mengecek kondisi atap, jika terdapat sampah-sampah denaunan yang menumpuk maka sesegera mungkin untuk di bersihkan agar kebocoran bisa di hindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 3 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek