Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Ini Lho Caranya, Merancang Tangga Rumah Yang Aman Dan Nyaman

merancang-tangga-rumah-yang-aman-696x458

Terpeleset, terjatuh, atau terbentur di tangga barangkali adalah kecelakaan-kecelakaan yang paling sering terjadi di dalam rumah. Terlebih jika di antara anggota keluarga Anda sudah berusia renta atau masih kanak-kanak. Sebenarnya banyak hal bisa Anda lakukan untuk merancang tangga rumah yang lebih aman. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Merancang tangga rumah dengan menggunakan cahaya tambahan.

Tangga yang remang-remang atau bahkan gelap gulita tentu saja tidak aman. Sehingga inilah pentingnya merancang tangga rumah dengan menggunakan pencahayaan tambahan. Untuk keperluan malam hari, lampu neon atau LED biasanya juga kita pasang di area tangga ini. Sehingga ketika waktu larut ketika lampu-lampu rumah sudah dimatikan, mengakses tangga bisa aman dan nyaman.

2. Menambahkan karpet pada pijakan tangga.

Permukaan anak tangga yang licin bisa sangat berbahaya. Oleh karena itu, jangan merancang tangga rumah dengan bahan atau material pijakan tangga yang licin. Pilihlah bahan pijakan tangga yang tidak licin seperti keramik, marmer atau kayu. Namun jika pijakan tangga di rumah masih terlalu licin, maka karpet, matras atau alas karet akan membantu mengatasi permasalahan ini. Apalagi kini karpet juga tersedia dengan beragam motif dan ukuran, sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan interior yang diinginkan.

3. Bersihkan tangga rumah dari barang-barang.

Terutama jika di rumah ada anak kecil, beragam macam barang biasanya jadi berantakan di tangga rumah. Misalnya saja mainan, sepatu, alat tulis, atau buku. Benda-benda yang berantakan seperti ini bisa sangat berbahaya karena berpotensi mengganggu langkah ketika menaiki atau menuruni tangga dan bisa mengakibatkan terpeleset. Untuk membantu menjaga kerapian di area tangga, Anda bisa menambahkan rak di samping tangga. Dengan menyediakan tempat untuk menaruh barang-barang seperti ini, Anda juga akan bisa melatih si kecil meletakkan barang-barang pada tempatnya.

4. Jangan lupa untuk memasang handrail pada tangga.

Melengkapi tangga dengan pegangan tangan tentunya sangat mendasar untuk alasan keamanan dan kemudahan dalam mengakses tangga. Agar genggaman ketika menaiki atau menuruni tangga lebih mantap, handrail sebaiknya dibuat dari material yang kesat atau tidak licin. Selain itu, pastikan pula handrail terpasang dengan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek