Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Foto: iStock

Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Membuat tampilan rumah lebih berbeda dengan mengecat warna-warna yang menarik pada rumah. Tanpa adanya cat pasti rumah tidak akan terlihat indah dan cantik maka dari itu pengecetan pada rumah sangatlah penting di lakukan. Selain memperindah tampilan pada rumah. Kini hadir cat yang lebih berfungsi untuk menahan rembesan air pada tembok dinding.

Mengecet rumah tidak hanya di lakukan dengan cara langsung memoles saja. Tapi ada beberapa Langkah dan persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mengecet rumah. Agar rumah kamu lebih terlihat indah dan manis .

Tentukan Warna Cat 

Tentunya langkah awal yang sangat penting adalah menemtukan warna cat. Kamu bisa menentkan warna kesukaan kamu. Tetapi sebelum nya saya sarankan untuk tetap konsisten pada keindahan tembok rumah kamu. Jika kamu menyukai warna hitam bukan berarti kamu mengecet semua permukaan tembok kamu dengan warna hitam. Alangkah baiknya kamu mencari referensi warna-warna yang cocok untuk di padukan dengan warna hitam.

Tak hanya harus cocok dengan warna-warna yang di padukan kamu juga harus memperhatikan warna cat tembok kamu dengan perabotan yang kamu suka agar tetap terlihat manis dan indah tentunya.

 Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

 Lindungi Perabot

Melindungi prabotan dari cat sangat-sangat lah penting. Apalagi perabotan yang kamu punya tergolong mahal. Alangkah baiknya kamu memindahkan perabotan kamu ke ruangan yang lebih aman. Tetapi apabila kamu mempunyai perabotan yang besar dan susah untuk di pindahkan, kamu bisa melapisi perabotan kamu dengan plastik atau koran untuk melindungi prabotan kamu.

Dan jangan lupa jika kamu mengecat rumah. Kamu juga harus memperhatikan bagian lantai. Karna lantai sisi yang dekat dengan dinding akan menjadi tempat jatuh nya cipratan cat. Jadi kamu bisa menggunakan kardus atau kertas yang Panjang untuk melindungi lantai kamu dari cat.

 

Kupas Cat Lama

Cat lama sebaiknya dikupas agar cat baru menempel dan menghasilkan warna yang baik. Terlebih jika cat lama sudah terkelupas. Untuk hasil maksimal, kupas cat sampai lapisan acian semen terlihat.

Agar cat lebih merata kamu harus mengupas cat lama. Kenapa?, karna cat lama terkadang ada yang Sebagian terkelupas dan ada yang tidak. Tentunya jika kamu tidak mengupas cat lama maka hasil yang kamu dapatkan akan kurang maksimal. Meskipun mengupas cat lama membutuhkan waktu yang aga lama. Tapi tetaplah harus di lakukan agar mendapat hasil nya memuaskan.

 

Cek dan Perbaiki Dinding

Langkah ini justru sangat lebih penting. Karena kadang tidak anda sadari dinding lama anda mungkin ada bekas bolongan paku atau retak. Untuk itu Langkah pertama kamu harus menambal bolongan dan retakan dengan cara mengaci. Dengan cara ini permukaan tembok kamu akan rata dan pastinya hasil cat yang kamu aplikasi kan ke tembok dinding akan terlihat maksimal.

 

Bersihkan Dinding

Terkadang dinding lama akan terkena kotoran. Maka dari itu kamu bisa membersihkan terlebih dahulu dinding kamu dari kotoran seperti jamur. Dengan adanya jamur, cat tidak akan sempurna menempel pada tembok. Kamu bisa membersihkan jamur dengan cara mengupas atau di berikan lapisa anti jamur.

 

Lapisi dengan Cat Dasar

Jika permukaan dinding telah dikupas sampai terlihat acian semen, cat dasar yang cocok digunakan adalah cat dasar yang bersifat alkali resisting. Yang dimaksud dengan alkali semen adalah semacam air garam dari adukan semen yang belum kering secara sempurna. Reaksi yang ditimbulkan jika cat bertemu dengan alkali adalah cat akan sulit menempel, sehingga dalam beberapa lama cat jadi menggelembung, terkelupas atau rontok.

Setelah kamu mengupas cat lama kamu. Kamu bisa melapisi dengan cat dasar seperti wall sealer. Fungsinya agar cat menemel dengan sempurna pada dinding. Jika permukaan dinding telah dikupas sampai terlihat acian semen, cat dasar yang cocok digunakan adalah cat dasar yang bersifat alkali resisting. Yang dimaksud dengan alkali semen adalah semacam air garam dari adukan semen yang belum kering secara sempurna. Reaksi yang ditimbulkan jika cat bertemu dengan alkali adalah cat akan sulit menempel, sehingga dalam beberapa lama cat jadi menggelembung, terkelupas atau rontok.

Tujuan dilapisinya alkali resisting adalah agar cat tidak langsung bersentuhan dengan semen. Pengaplikasian cat dasar juga berguna agar warna yang diinginkan muncul sempurna. Cat dasar jangan dicampurkan dengan pengencer.

 

Lapisi dengan Lapisan Pertama

Sebelum melapisi dengan cat pertama, pastikan cat dasar telah kering sempurna. Untuk lapisan pertama, cat dicampur dengan pengencer dengan porsi 5% -20%. Sebagai bahan pengencer, dapat menggunakan tiner atau air.

 

Lapisi dengan Lapisan Kedua

Ulangi pengecatan setelah lapisan cat pertama kering. Tujuannya agar didapatkan warna yang sesuai dan sempurna. Cat lapisan kedua juga tetap dicampurkan pengencer dengan porsi yang sama (5-20%).

 

2 Responses to Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

  1. [...] Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah [...]

  2. [...]  baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 2 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek