Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Gaya Taman Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Gaya Taman Mana Yang Cocok Untuk Anda?Arsitektur minimalis identik dengan desain yang serba sederhana. gaya taman yang paling sesuai tentulah taman minimalis. taman seperti ini umumnya hanya terdiri atas 3 jenis elemen  yaitu : rumput,  pohon palem, dan satu lampu taman atau rumput, stepping stone, dan pohon cemara lilin yang diberi lampu sorot.

Sebenarnya masih ada gaya taman laen yang juga cocok untuk rumah tinggal minimalis seperti gaya mediteran, tropis, Jepang, American,  dan gaya formal taman Inggris. Meski demikian ada beberapa parameter yang harus dipenuhi agar taman non minimalis ini dapat sesuai dengan karakter bangunan minimalis.

Lain halnya dengan rumah bergaya modern. Jenis taman yang paling pas dipadukan dengan hunian modern adalah taman mediteranean dan tropis. Jika menginginkan tampilan hunian yang tegas dan bersih disarankan untuk menggunakan taman mediteranea, Taman tropis cocok untuk yang menginginkan tampilan hunian yang lebih teduh dan alami.

Taman Inggris masih dapat serasi dengan hunian modern. Apabila pohon cemara lilin diganti dengan palem atau pisang kipas. maka berubahlah ia menjadi taman kolonial , hybrid dari taman Inggris dengan taman tropis.

Untuk hunian modern warna yang digunakan dapat lebih berani dan tidak harus monokrom . Warna seperti kuning, ungu dan biru dapat dipadukan dengan kontras. Bagi yang suka dapat menggunakan warna tersebut selama masih serasi dengan warna bangunan.

Elemen keras seperti lampu taman, jalan setapak, dan pot bunga, tidak perlu yang simpel. Gaya eklektik yang berani justru lebih menantang kreatifitas si pemilik hunian bergaya modern yang biasanya berjiwa petualang dan senang bereksperimen.

Namun ada pemilik yang tidak ingin dipusingkan dengan pemeliharaan tanaman. Mereka lebih memerlukan ruang terbuka yang lega. Hamparan rumput manila yang terpelihara dengan rapi dengan aksen pohon palem di beberapa tempat pun dapat sama menariknya.

Untuk halaman dengan luasan besar, tidak disarankan memilih gaya yang tadi karena akan berkesan panas dan gersang. Yang harus diperhatikan rumput manila membutuhkan cahaya matahari langsung dan banyak. Pohon yang disarankan adalah palem atau cemara lilin. Pohon besar atau palem yang terlalu teduh akan menyebabkan rumput mati sehingga menimbulkan daerah botak di sekeliling pohon.

Apabila daerah taman tidak mendapat sinar matahari penuh, disarankan menggunakan rumput gajah mini sebagai alternatif. Hamparan batu coral dan stepping stone yang disusun dengan pola tertentu dapat menjadi pilihan. Gunakan batu yang membulat seperti coral agar aman bila diinjak anak-anak. Permainan gradasi warna dan ukuran batu yan gberagam dapat menciptakan tampilan yang menarik.

Gaya kontemporer  merupakan gaya dalam arsitektur, interior, dan lansekap yang berusaha memadukan berbagai langgam. Mungkin hanya pemilik rumah yang ingin tampil beda yang berani memiliki hunian bergaya kontemporer.

Merancang taman untuk rumah bergaya kontemporer perlu lebih hati-hati. Ini agar taman dapat menguatkan tampilan bangunan . Jenis taman yang cocok adalah yan gbergaya minimalis, mediteranea, tropis, American, dan Kolonial. Rambu-rambu yan gharus diperhatikan kurang lebih samadengan membuat taman untuk hunian minimalis. Namun untuk yang kontemporer dapat lebih bereksperimen dengan warna,asalkan tetap serasi dengan warna  bangunan. Andapun dapat mencoba menggunakan warna yan gberani dan kontras.

Untuk elemen keras seperti lampu dan stepping stone dapat lebih berani dalam desain atau warna. Sejauh mana kita dapat bereksplorasi dalam mendesain taman hunian kontemporer?..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


3 + five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek