Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Fungsi Jendela

Jendela rumah minimalis, jendela

Fungi Jendala yang utama adalah sebagai Sumber cahaya. Manusia tidak bisa hidup tanpa cahaya baik di luar maupun di dalam ruang. Dengan cahaya kita bisa melihat sekeliling dan beraktifitas. Salah satu jalan masuk cahaya ke dalam rumah adalah melalui jendela. Untuk memastikan cahaya bisa masuk ke dalam bangunan, desain jendela, material yang dipakai, dan peletakannya harus diperhatikan dengan seksama. Jendela yang bukaannya sempit sementara teritisnya sangat lebar memiliki kemampuan yang lebih kecil  dalam memasukkan cahaya. Begitu juga jika material yang dipakai pada bagian daunnya bersifat solid atau tidak tembus cahaya, tentu fungsi jendela sebagai akses masuk cahaya tidak dapat terpenuhi.

Jika kasus seperti ini yang anda alami, solusi paling mudah yang dapat dilakukan adalah membuat lubang berupa kisi-kisi pada bagian daun jendela agar cahaya bisa masuk. Penyelesaian berupa pemilihan jenis kaca juga dapat dijadikan pilihan ketika anda memerlukan intensitas cahaya tertentu. Jika ingin ruang yang terang benderang pakailah jenis kaca bening / transparan agar sinar dapat penuh masuk ke dalam ruang. Di lain pihak jika anda ingin mengurangi intensitas sinar, cobalah berbagai jenis kaca film yang memiliki daya serap sinar beragam. Atau coba terapkan penaung tambahan berupa teritisan atau kanopi.

Apabila anda ingin sirkulasi di dalam ruang lancar, buatlah bukaan jendela dengan posisi yang tepat yang memungkinkan udara dalam bangunan dapat dialirkan ke segala penjuru ruang sehingga ruang terhindar dari kepengapan. Bentuk bukaan juga harus diperhatikan dengan volume jendela yang sama, jendela dengan sistem bukaan pivot terbukti dapat memasukkan udara lebih banyak dibandingkan jendela dengan sistem bukaan atas bawah.

Pemberi vista batas antara ruang dalam dan luar sehingga tidak terasa perbedaannya dan transparan . Penggunaan kaca dan konsep jendela tanpa kusen menjadi kunci utama tehnik ini. Biasanya diterakkan untuk ruang yang tergolong sempit , namun dewasa ini tehnik ini juga dipakai untuk ruang yang tergolong luas . Alasannya tehnik ini bisa menghadirkan vista luar secara maksaimal ke dalam ruang.

(sumber : Rumah Ide)

One Response to Fungsi Jendela

  1. [...] Ada beberapa tips merawat jendela: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek