Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Filosofi Kolam Minimalis

Air  jernih mengekspresikan keheningan, kesucian, dan kedekatan dengan alam. Kehadiran air pada taman seringkali menjadi magnet yang mempesona.

Air memegang banyak peranan dalam kehidupan manusia. Selain sebagai unsur alam, air juga bersifat religius dan suci. Bahkan air berfungsi untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat medis dan rekreatif. Unsur air dalam bentuk kolam geometris dan berupa air tenang, air terjun, atau air semprot (efek kabut) menghadirkan keheningan dan kesejukan terhadap ruang dan penikmat ruang tersebut.

Rumah dan kolam minimalis keduanya harus saling berkolaborasi membentuk tatanan ruang luar, bangunan, dan ruang dalam yan gseimbang (yin yang), saling berjalin secara harmonis dan tidak saling mendominasi . Pembagian ruang sangat efisien, fungsional dan jelas hierarkinya serta mengurangi berbagai kebutuhan ruang yang tidak penting.

Kolam tidak bedanya dengan air kolam adalah air yang terkumpul dalam satu wadah. Kolam dalam sebuah rumah atau taman tidak hanya menunjukkan ekspresi  manusia akan keindahan alam, tetapi juga memberi efek positif bagi jiwa dan psikis orang yang melihat karena ketenangan air tersebut. Selain utnu kkelangsungan hidup air juga dimanfaatkan manusia sebagai elemen natural yang menghibur sekaligus menenangkan.

Sudah terbukti bahwa selain mempercantik penampilan kolam air juga memberikan efek yang menyejukkan saat matahari terik.  Air membuat kita bersemangat  dengan bunyinya . Konsep minimalis pada kolam memiliki dua filosofi  yan gberdasarkan asalnya yaitu barat dan timur. Filosofi barat cenderung rasional dan fungsional. Sementara filosofi timur dipengaruhi oleh paham Zen buddhisme yaitu sebuah paham yang memiliki nilai spiritual. Kesan yang didapat adalah jernih, polos, bening dan hening sehingga memberikan suasana tenang  dan nyaman. Kolam minimalis timur memiliki filosofi yang berperan sebagai penyelaras antara bangunan dan lingkungan sekitar. Dari filosofi tersebut akan mempengaruhi hasil akhir sebuah desain .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ nine = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek