Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Elemen -Elemen Fasade Rumah Tinggal

Elemen fasade sebuah bangunan rumah meliputi atap, dinding, bukaan-bukaan ruang, teras, balkon, railing, maupun pagar. Fasade biasanya menjadi fokus dalam perencanaan bangunan (hunian) karena selain fasade menjadi wajah bangunan yang sekaligus mencerminkan karakter ruang di dalamnya, fasade juga sebagai faktor pencipta persepsi bentuk dan desain secara keseluruhan.

Karena desain fasade merupakan faktor pencipta persepsi bentuk dan desain bangunan maka pengolahan elemen-elemen fasade yang estetis akan mempertinggi nilai impresif sebuah bangunan.

* Atap , merupakan salah satu jenis elemen arsitektur yang mempunyai peranan sangat penting karena atap merupakan struktur bangunan yang terletak di bagian paling atas. Fungsi atap memang sangat vital karena selain merupakan pelindung seluruh bagian struktur bangunan maupun penghuninya, atap juga berfungsi sebagai mahkota dan elemen estetika yang dapat menciptakan karakter tertentu hingga dapat membedakan setiap desain yang satu dengan yang lainnya.

Di sisi lai  bentuk dan warna atap juga dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk mencari suatu bangunan tertentu.  Idealnya sebuah atap harus kokoh dan kuat baik dari segi penutup atap maupun struktur pendukungnya, tetapi juga harus indah dan artistik. Jika dikaji dari fungsinya sebagai media pelindung manusia dari gangguan alam dan cuaca. Karena itu kehadiran atap tidak dapat diabaikan. Untuk wilayah Indonesia yang mempunyai iklim tropis sebaiknya kemiringan atap yang menggunakan genteng tidak kurang dari 30 derajat hal itu bertujuan  untuk menghindari terjadinya rembesan atau luapan air ke dalam genteng  dan agar air hujan dapat cepat mengalir ke bawah.

Maka sebaiknya sebelum membuat rancangan desain rumah tinggal sebaiknya kenali dulu atap berikut komponennya serta kaidah-kaidah perancangan estetika. Keberadaan atap sebagai pendukung struktur dan elemen arsitektur fasade pembentuk ekspresi bangunan hendaknya dapat dijadikan sebagai media untuk mengoptimalkan fungsi dan kenyamanan  serta estetika sebuah hunian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ one = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek