Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Dinding Partisi Kalsium di Dapur

Papan kalsium terbuat dari  panel kalsium silikat dan menggunakan serat selulosa sebagai penguat. Secara tampilan kasat mata papan kalsium menyerupai bahan plafon fibercement namun lebih tebal dan kuat.

Papan kalsium dalam proses produksinya telah mengalami pengeringan secara autoclaving sehingga tidak mengalami muai susut. Berat jenis papan lebih berat dari pada  papan gypsum tetapi dari sisi kekuatan dan kepadatan papan kalsium lebih padat dan kuat serta tahan air dan lembab. Bila terkena air papan kalsium tidak akan terurai seperti halnya papan gypsum  ataupun terkelupas seperti triplek atau multiplek. Namun bila terkena air dan lembab akan mudah sekali terdapat bercak-bercak hitam (jamur). Meski dapat diatasi dengan pengamplasan  dan pengecatan kembali sebaiknya jauhan dari sumber -sumber air ketika dipasang di dapur.

Bahan papan kalsium rata-rata tidak mudah terbakar dan tidak menyebarkan api serta tahan terhadap benturan dan goresan. Namun sifatnya lebih getas terkadang dapat mengalami keretakan bila mengalami benturan yang cukup keras pada bagian yang tidak terdapat rangka. Keretakan pada papan kalsium memang dapat diatasi dengan pemberian plester  dan compount seperti halnya pada gypsum namun hasilnya tidak serapi papan gypsum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek