Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Dapur

Setiap unit tempat tinggal harus dilengkapi dengan dapur, yaitu ruangan yang digunakan untuk memasak dan menyiapkan makanan bagi seluruh keluarga. Perencanaan dapur yang baik harus didasarkan pengetahuan tentang bagaimana dapur itu digunakan. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan hidup dan jumlah penghuni di rumah.

Dapur yang baik adalah dapur yang nyaman digunakan dalam kegiatan kerja yang meliputi meracik, memasak makanan, dan mencuci bahan makanan, peralatan makan, peralatan memasak dll. Oleh karena itu tinggi meja kerja dan tempat cuci harus cukup sesuai dengan posisi kerja  dan tidak melelahkan.

Untuk meja kerja dengan berdiri tinggi bidang meja 82,5 cm dan tinggi tempat cuci 88,5 cm. Agar  pekerjaan dapur dapat dilaksanakan dengan efisien letak perabot harus disesuaikan dengan urutan kegiatan pekerjaan dapur. Untuk menghemat luas ruangan perabot bisa disusun dalam bentul L atau U. Dalam ruang masak perlu juga diberi lubang angin yang cukup besar agar asap bisa keluar dengan mudah.

Setiap ruang dapur harus mempunyai ruang simpan untuk menyimpan makanan dan perabot dapur. Ruang simpan ini dapat berupa lemari. Dari segi tata ruang sebaiknya dapur diletakkan dekat dengan ruang makan agar hubungan kegiatan kedua ruang itu lancar.  Dapur sebaiknya mempunyai pandangan yang terbuka menuju rumah, pintu halaman dan tempat bermain anak-anak, agar setiap hari selama ibu rumah tangga bekerja di rumah sekalian dapat mengawasi keadaan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 1 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek