Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Ciri-Ciri Taman Rumah Tropis Yang Wajib Diketahui

ciri-ciri-taman-rumah-tropis-wajib-tahu-3

Desain hunian bergaya tropis memang jadi satu aliran gaya desain di Indonesia yang mulai banyak digemari selain gaya minimalis. Tentunya hal itu tidak terlepas dari iklim Indonesia yang sesuai untuk desain hunian bergaya tropis. Nah, supaya desain hunian tropis semakin kuat, jangan lupa untuk membuat desain taman rumah tropis juga. Jika belum tahu, apa saja syarat dari sebuah taman rumah tropis, ini dia ciri-ciri taman rumah tropis yang wajib kalian ketahui! Apa saja ciri-ciri dari desain taman rumah bergaya tropis? Mari sekalian, simak artikel berikut ini!

Pengertian dari taman rumah tropis

Gaya taman rumah tropis sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Hanya saja waktu itu budaya desain minimalis yang mendadak populer, membuat gaya desain tropis terlupakan. Namun karena di zaman sekarang, banyak orang yang peduli dengan lingkungan, maka gaya desain tropis yang ramah dengan lingkungan sekitar menjadi kembali populer.

Sehingga tidak ada salahnya kan, untuk membuat taman rumah tropis di rumah kalian masing-masing. Menurut pemahaman sederhana, taman tropis sendiri merupakan sebuah taman yang disesuaikan dengan iklim setempat. Karena dengan menyesuaikan iklim di tempat kita tinggal, merawat taman rumah tentu akan jauh lebih mudah.

Mengenal lebih dekat ciri-ciri taman rumah tropis

Menurut Basuki Triwidodo, seorang arsitek lanskap dari Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), bahwa ciri-ciri taman rumah tropis yang berada di Indonesia dapat diwakili dari penampilan taman Bali. Sementara itu, Ketua Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) DKI Jakarta Ir Bagus Tatang Dewantoro menyebut, bahwa ciri-ciri taman rumah tropis ialah taman yang rimbun. Taman rumah tropis sendiri merupakan, taman yang menggunakan banyak tanaman yang tidak terbatas sehingga lebih rimbun dan banyak bunga.

Jenis tanaman untuk taman rumah tropis

Karena prinsip rimbun, maka memilih jenis tanaman yang akan digunakan pada taman rumah menjadi hal yang wajib diperhatikan. Untuk di Indonesia, jenis tanaman mulaiĀ  jahe-jahean, pisang-pisangan, beringin, balancing, talas, palem, kelapa sawit, kacang hias, adenium, hingga anthurium bisa dipilih untuk menghiasi taman rumah kalian, lho!

Perhatikan juga elemen jalan setapak dan unsur air pada taman tropis

Elemen jalan setapak pada taman tropis biasanya menggunakan batu-batuan alam, seperti batu kali, batu tempel, maupun kerikil. Sehingga taman yang ingin ditampilkan mampu tampil harmonis dengan jenis tanaman yang ada. Biasanya pula sebuah taman tropis dihiasi sebuah kolam dengan ciri yang sangat kental dengan nuansa alami. Kolam pun dapat diisi ikan-ikan dan dihiasi tanaman air yang khas tropis. Tanaman yang bisa menghias kolam pada taman tropis, seperti teratai, kala lili (water lily), pontederia, atau tanaman ilalang air.

2 Responses to Ciri-Ciri Taman Rumah Tropis Yang Wajib Diketahui

  1. Info yang bermanfaat, kunjungi website kami juga di https://jasaarsitekjogja.com/

  2. Informasi yang sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://aik.co.id/
    Salam sukses :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ three = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek