Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Carport Bukan Sekedar Garasi Darurat

Carport adalah penutup atau struktur perpanjangan yang merupakan perluasan area pada sebuah halaman rumah, Fungsi utamanya adalah sebagai tempat parkir mobil. Selain itu carport berfungsi sebagai estetika. Carport yang didesain menyerupai pergola akan meningkatkan kualitas fasad rumah. Carport menjadi penyeimbang bentuk rumah karena dapat membuat bentuk rumah menjadi seimbang. Bisa juga sebagai entrance (pintu masuk) ke areal rumah dan dapat pula menjadi area transisi dari ruang eksterior ke ruang interior. Letak carport bisa di samping, atau di depan rumah. Karena langsung terlihat dari jalan maka desain carportpun harus harmoni dengan tampak depan fasad rumah.

Agar harmoni pembuatan carport tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan sebaiknya dibangun mengikuti desain rumah. Carport yang menawan akan memberi nilai tambah tampilan rumah anda. Harmoni disini tidak berarti harus rumit. Konsep yang sederhana bisa dibuat tanpa harus mengurangi nilai estetikanya. Kesan modernpun bisa tetap didapat tentu dengan bingkai yang masih sesuai dengan arsitektur rumah. Misalnya rumah dengan menggunakan material alam seperti kayu dan bata ekspose  maka carport bisa menggunakan batu kali seperti koral sikat. semnetrara untuk atap dapat menggunakan kanopi dari bahan logam stainless steel atau besi ataupun kayu  sebagai kisi-kisinya dan polycarbonat.

Agar terlihat sejuk anda bisa menggantungkan pot-pot tanaman untuk menghiasi kisi-kisi pergola atau dengan tanaman rambat. Selain mebuatasri kehadiran tanaman dapat menumbuhkan kesan bahwa lahan taman di rumah yang sebenarnya tersita untuk pergola tetap utuh dengan hadirnya tanaman.

Selain harmoni aspek keamanan juga perlu diperhatikan. Sebaiknya material carport harus mempertimbangkan kondisi keadaan basah dan licin. Material yang cocok adalah permukaan yang kasar atau bertekstur, kuat dan tahan lama serta tahan terhadap cuaca. Untuk pintu carport sebaiknya pintu bersekat  karena dengan sekat selain aman, udara masih bisa keluar masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


two + = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek