Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

detik.net.id

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

Menanam  Tanaman kaktus memberikan manfaat yang sangat banyak, salah satunya yaitu bisa menjadikan ruangan lebih segar, sehat dan ruangan akan  terlihat lebih manis, tanaman kaktus memiliki bentuk yang cantik, terutama pada kaktus mini. Saat ini ada banyak sekali rumah dengan tanaman kaktus di dalamnya. bukan tanpa alasan, kaktus terkenal dengan tumbuhan yang bisa bertahan meskipun kekurangan air, sehingga bisa bertahan lama dan tidak perlu repot untuk terus menjaganya agar bisa tetap segar.

Meskipun kaktus merupakan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan ekstra, bukan berarti kamu bisa membiarkannya begitu saja, agar bisa tumbuh dengan baik dan segar, kaktus membutuhkan perawatan, nah perawatan yang dilakukan pun terbilang sangat mudah dan tidak terlalu mengganggu aktivitas harianmu dirumah. nah berikut kami akan membasar cara Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktsus Didalam Ruangan.

Jangan Terlalu Sering Disiram

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan Ketika kamu menanam kaktus ialah jangan menyiramnya terlalu sering, hal ini karna akan membuat kaktus cepat layu dan kemudian mati. Kaktus mempunyai akar yang sederhana, memiliki jumblah yang sedikit dan pedek, sehingga membuatnya tidak bisa menyerap kelembapan air yang berlebih. Jadi pemberian air pada kaktus bisa kamu lakukan  dalam 2 hingga tiga minggu sekali saja. Penyiramannya bisa di pagi hari, karena pada saat pagi hari akar kaktus dalam kondisi bisa menyerap kelembapan yang lebih banyak. Berikan sedikit air saja jangan sampai air menggenag pada pot.

Pencahayaan matahari yang cukup

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

detik.net.id

Berbeda dengan merawat kaktus yang berada di luar ruangan. Kaktus yang terbiasa didalam ruangan tidak boleh terpapar langsung dengan cahaya matahari. Jika kamu menaruhnya ditempat yang terpapas langsung dengan sinar matahari, kuit kaktus akan mudah terbakar. Hal ini karena kaktus sudah terbiasa dengan habitat nya yaitu di dalam rumah/indoor.

Kamu bisa meletakan kaktus di dekat jendela yang diatasnya terdapat kanopi sehingga cahaya matahari tidak langsung menyorot pada jendela rumah.

Gunakan media tanam yang baik dan tepat

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

Cara merawat kaktus selanjutnya adalah menggunakan media tanam yang tepat. Mulailah cara merawat kaktus ini dengan memasukkan beberapa kerikil sebagai dasar dalam pot kaktus untuk sistem drainase yang baik. Di atasnya, masukkan media tanam dengan komposisi tanah, pasir kasar, dan serbuk arang. Serbuk arang digunakan dalam cara merawat kaktus karena ia memiliki struktur yang berongga dan terbuka sehingga bisa membantu kaktus mempertahankan kesehatannya.

Agar pertumbuhannya makin baik, coba tambahkan sedikit tepung tulang dan serbuk kapur, saat melakukan cara merawat kaktus ini. Dalam tepung tulang terdapat zat fosfor yang berkhasiat untuk memperkuat fisik kaktus dan serbuk kapur untuk mengurangi kadar asam dalam media tanam.

Letakan Kaktus Ditempat Yang Teduh

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

shopify.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kaktus yang terbiasa didalam ruangan tidak membutuhakan paparan sinar matahari secara langsung. kamu bisa menempatkan kaktus didalam ruangan yang memiliki suhu sejuk ,teduh dan tidak lembap. Sehingga nantinya kaktus bisa berkembang dengan baik.

Berikan Pupuk Dengan Rutin

Cara Mudah Merawat Tanaman Kaktus Didalam Ruangan

Opuntia spp

Kaktus bukan termasuk tanaman yang serakah akan menggunaan pupuk, kamu tidak perlu keluar banyak uang untuk membeli pupuk. Cara merawat kaktus perlu di lakukan dengan melakukan pemupukkan setahun sekali. Tepatnya pada saat musim hujan datang.

Terapkan cara merawat kaktus dengan pupuk secara hati-hati. Jangan sampai saat melakukan pemupukkan, kamu merusak fisik kaktus. Pilih pupuk yang sesuai, seperti pupuk kompos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 + = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek