Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

keretakan akibat pondasi

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

Keretakan pada tembok kadang sering terjadi. Hal ini biasanya di sebabkan oleh kondisi tanah yang tidak stabil, bahan yang digunakan tidak berkualitas, Teknik pembuatan tembok yang tidak sesuai, bencana alam dan lain-lain. Nah jika kamu menemui retakan-retakan pada tembok. Tentunya akan sangat menganggu, apalagi keretakan tersebut terjadi di area dalam rumah yang sering ditempati, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar tidur.

Pastinya dengan retakan tersebut akan membuat nilai estetika rumah menjadi berkurang. Dan memberikan kesan rumah yang tidak terurus jika di biarkan begitu saja dan retakan akan semakin membesar dan akan merusak tembok secara perlahan. Oleh karena itu sangat penting untuk segera memperbaikinya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Daripada memanggil tukang untuk memperbaiki tembok retak tersebut. Mending kamu melakukannya sendiri. Hal ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran bulanan. Nah cara menambal tembok sangatlah mudah dan tentunya bisa dilakukan sendiri. Nah berikut adalah Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri.

Sebelum masuk ke Langkah-langkahnya, ada beberapa bahan dan alat yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Seperti, ampelas,  cat plamir, kape dua buah, wall filler, dan cat tembok dinding.

Bersihkan terlebih dahulu permukaan tembok yang retak

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

tokocatcitrawarna.com

Nah setelah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan, kamu bisa masuk ke Langkah pertama yaitu membersihkan terlebih dahulu dinding di sekitaran tembok yang mengalami keretakan. Ini sangat penting dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan dari jamur yang menempel pada dinding terurama dinding yang mengalami keretakan yang lama.

Gunakan Ampelas untuk meratakan permukaan tembok

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

wikipedia.com

Setelah di bersihkan, kamu bisa memulai untuk mengampelas tembok. Lakukan dengan hati-hati pada area tembok yang mengalami keretakan. Setelah pengampelasan selesai, bersihkan sisa-sisa debu yang menempel pada dinding dengan kain basah, pengampelasan bertujuan untuk meratakan permukaan tembok yang retak agar nantinya proses pengecatan bisa dilakukan dengan maksimal.

Proses Penambalan Menggunakan Wall Filler

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

aljazeera.id

Nah setelah tembok di ampelas, langsung saja masuk ke Langkah utama, yaitu proses penambalan. Sebelum masuk keproses tersebut, siapkan dua kape yang sudah kita siapkan sebelumnya. Nah kape ini berfungsi untuk media untuk mengoleskan wall filler ke permukaan tembok yang retak dan sebagai wadah tempat wall filler yang akan di oleskan.  Sebelum mengoleskan wall filler ke tembok. Terlebih dahulu simpan wall filler pada kape yang berukuran besar, ambil wall filler secukupnya lalu aduk sampai mencair,  lalu oleskan wall filler tesebut ke merukaan tembok yang retak, lakukan dengan hati-hati  dan sedikit demi sedikit, jangan terlalu tebal agar nantinya proses penambalan bisa lebih smooth dan rapih sehingga permukaan tembok Kembali rata tanpa terlihat adanya penambalan.

Setelah penambalan selesai dilakukan, Langkah berikutnya adalah membiarkannya mengering. Proses pengeringan ini tidak bisa kamu tunggu, karena membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari tergantung dari cuaca dan suhu ruangan.

Gunakan Cat Plamir Untuk melapisi tambalan

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

Setelah menunggu kering. Langkah selanjutnya adalah melapisi tembok dengan cat pelamir. Hal ini perlu dilakukan untuk meratakan dinding dan sebagai dasar warna sebelum dilakukan pengecatan. Selain itu Langkah ini juga sangat penting untuk memastikan dinding tertutup dengan baik dan tidak tampat retakan pada tembok yang sudah ditambal.

Gunakan cat dinding untuk finshing

Cara Mudah Menambal Retakan Pada Tembok Bisa Dilakukan Sendiri

rooma.id

Nah selanjutnya kita akan memasuki Langkah yang terakhir, setelah tembok dilapisi dengan cat plamir pastikan untuk mengampelas Kembali tembok dengan ampelas agar tembok benar-benar mulus dan tertutupi. Berikutnya masuk ke finshing yaitu mengecat tembok. Proses pengecatan dilakukan agar warna tembok bisa senada dan tampak baru.

Nah itulah cara menambal tembok yang retak, cukup mudah bukan.  Daripada memanggil tukang, tentunya setelah mengetahu cara-caranya di atas, kamu bisa melakukannya dengan sendiri, lebih mudah dan hemat.

Sumber Referensi Artikel : 99.co/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jasa Desain dan Bangun Rumah Arsitek